Jauh dari Kesan Kuno, Ini 5 Museum Hits di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jauh dari Kesan Kuno, Ini 5 Museum Hits di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Kamis, 27 Januari 2022 - 12:00
share

Dengan suasana yang hening dan tenang, terkadang bikin beberapa orang cepat bosan berkunjung ke museum. Padahal, museum bisa menjadi tempat edukasi dan menghibur. Nah, berkat perkembangan teknologi di era digitalisasi, sepertinya sudah nggak ada alasan lagi nggak suka jalan-jalan ke museum.

Terlebih, kini mulai banyak museum berbasis teknologi di beberapa kota khususnya Jakarta, yang bakal betah berlama-lama. Untuk itu, berikut museum-museum di Jakarta yang menarik dikunjungi.

Moja Museum

Museum Hits Wilayah Jakarta

Sumber Gambar

Berada di Kawasan Gelora Bung Karno, museum satu ini cocok untuk kamu yang suka memburu feed Instagram. Di sini kamu nggak hanyq disuguhkan koleksi unik mereka, tapi juga bisa mengikuti kegiatan seru seperti Roller Skate Rink, Painting on Canvas or on The Wall, dan 17-room interactive maze.

Museum ini menghadirkan beragam ruang unik dengan berbagai macam tema: Charlie and The Millennial Pink Candy Room , di ruangan ini pengunjung akan diberi permen oleh petugas. Kemudian ruangan yang berisi bola berwarna kuning dan putih di dalam sebuah kolam, sebuah ruang yang membuat pengunjung terasa seakan sedang bermain bola.

Selain itu, juga terdapat ruang bertemakan game legendaris Mario Bross dan Pacman, serta ruangan yang berisi gambar grafiti.Harga tiket di Museum Moja bervariatif, tergantung dari eksperimen yang ingin kamu dapatkan dengan kisaran Rp110.000 - Rp125.000.

Museum Macan

Sumber Gambar

Melipir sedikit ke daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kamu akan menemukan Museum unik dengan menggabungkan seni modern dan kontemporer yang super eye-catching! Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN)menghadirkan koleksi seni modern dan kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika, dan China serta beberapa bagian Asia lainnya.

Di museum ini, kamu akan mendapatkan sensasi sedang bermain ke dunia lain. Dijamin jiwa estetik kamu akan menggebu-gebu saat menelusuri tiap karya seni disini. Dengan mengedepankan prinsip edukasi, museum ini hadir untuk mengembangkan pendidikan seni di Indonesia melalui tema-tema unik yang terus berganti setiap saat. Selain itu, koleksi disini bersumber dari pendiri museum dan merupakan koleksi pinjaman jangka panjang kepada museum.

Untuk menelusuri sudut ruang seni disini kamu bisa pesan melalui aplikasi Traveloka, Tiket.com, Go-Tix, dan Klook dengan harga mulai dari Rp50.000.

Art:1 New Museum

Sumber Gambar

Buat kamu yang suka dengan museum bernuansa tenang, Art: 1 New Museum ini bisa menjadi pilihannya. Berawal dari galeri seni pribadi bernama Mon Dcor, Galeri seni ini didirikan oleh Martha Gunawan pada 1983, kemudian berganti nama menjadi Art:1 New Museum pada tahun 2009, dan diresmikan pada tahun 2011 oleh Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Fauzi Bowo.

Art:1 New Museum tidak hanya berupa museum namun juga berupa a rt space, sekaligus institusi seni. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Mon Dcor Gallery. Museum ini memiliki lebih dari 2.500 koleksi karya seni dan memenangkan Penghargaan berupa Favorite Art Gallery in Amica Indonesia Award dan Purwakarta Museum Award for Best Facility. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Art:1 New Museum berupa pameran seni, seminar mengenai seni, diskusi, lokakarya, dan apresiasi seni dengan menghadirkan curator dari Indonesia dan mancanegara.

Dia.Lo.Gue

Sumber Gambar

Berada di Kawasan Kemang Jakarta Selatan, museum ini bertujuan untuk menyediakan ruang antara seniman, desainer, dan masyarakat umum.Terinspirasi dari bahasa Betawi lokal yaitu \'Dia/Dia Kamu Aku\', dan dalam logogram kami, yang dapat diartikan sebagai individu dengan berbagai karakter, usia, dan kepribadian yang berbeda.

Menggabungkan art space dan cafe, di sini kamu akan disuguhkan karya seni yang berpadu dengan kerajinan tangan dari desainer lokal nan unik sekaligus eksentrik. Selain menyajikan karya seni, Museum ini juga menjual menjual merchandise khas Dia.Lo.Gue, lho.

Salihara Art Center

Sumber Gambar

Masih di Kawasan Jakarta Selatan, lebih tepatnya Pasar Minggu. Kamu akan menemukan Galeri Seni sudah berdiri sejak 8 Agustus 2008. Selain menjadi tempat pertunjukan seni dan teater, Salihara sering mengadakan kegiatan menarik. Salah satunya adalah Festival Salihara yang berisi berbagai pertunjukan tari, teater, dan musik. Salihara membentuk suatu komunitas yang di dalamnya terdapat Teater Salihara, Galeri Salihara, Anjung Salihara dan perkantoran.

Sejak berdiri, Salihara telah menampilkan berbagai karya seni dalam negeri maupun kelas dunia. Uniknya, kamu akan menemukan berbagai karya seni baru di setiap sudut ruang Salihara, malah kadang karya seni yang ditampilkan mereka berbentuk eksperimen. Harga tiket masuk Salihara ada yang gratis dan berbayar. Dengan kisaran harga Rp50.000 Rp 150.000 dan untuk pertunjukan spesial sebesar Rp150.000 - Rp2.500.000.

Topik Menarik