Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur yang Wajib Diketahui

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur yang Wajib Diketahui

Gaya Hidup | katadata.co.id | Kamis, 27 Januari 2022 - 08:30
share

Sulit tidur tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, bayi juga bisa merasakan hal tersebut. Jika bayi yang sulit tidur biasanya akan rewel dan menangis sepanjang malam. Hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan bayi. Maka dari itu, para orang tua perlu mengetahui cara mengatasi bayi susah tidur.

Menurut penjelasan di alodokter.com , tidur diperlukan untuk perkembangan bayi. Tak hanya itu, dengan waktu istirahat yang cukup, maka tubuh bayi menjadi lebih segar dan berenergi. Peneliti di Amerika menyatakan bahwa pada saat tidur, otak akan menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

Sebaliknya jika bayi susah tidur maka bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. sebuah penelitian mengatakan bahwa bayi usia satu tahun yang kurang tidak berisiko memiliki konsentrasi yang lebih pendek, mudah lupa, dan mengalami masalah perilaku saat usianya memasuki tiga dan empat tahun.

Penyebab Bayi Susah Tidur

Sebelum mempelajari cara mangatasi bayi susah tidur, para orang tua harus terlebih dahulu memahami penyebab bayi sulit tidur. Melansir dari alodokter.com , berikut penjelasan lengkapnya.

1. ISPA

Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA ternyata bisa menjadi pemicu bayi sulit tidur. Sebab saat bayi mengalami ISPA biasanya dibarengi dengan masalah kesehatan lain seperti demam dan sulit benapas. Kondisi yang kurang nyaman inilah yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur dengan pulas.

2. Gumoh

Kita mungkin sudah sering melihat bayi gumoh. Dalam bahasa medis, gumoh diartikan sebagai refluks asam lambung, yaitu sebuah kondisi ketika bayi mengeluarkan susu dari mulutnya.

Gumoh memang tidak berbahaya. Namun gumoh dapat menyebabkan bayi menjadi sulit tidur. Anda juga harus mewaspadai jika bayi sering gumoh atau jumlahnya banyak, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan pada bayi tersebut.

3. Infeksi pada telinga

Bayi juga biasanya mengalami kesulitan tidur jika terdapat infeksi, termasuk infeksi pada saluran pendengaran. Kondisi tersebut membuat bayi merasa tidak nyaman hingga menyebabkan susah tidur dan sering menangis.

Infeksi telinga juga bisa mengakibatkaan bayi menjadi demam, pilek, hingga enggan menyusu. Jika sudah demikian, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan kondisi bayi ke dokter.

4. Tumbuh gigi

Saat tumbuh gigi untuk pertama kalinya, biasanya bayi akan menjadi lebih rewel dibandingkan kondisi normal. Hal tersebut juga bisa memicu bayi sulit tidur di siang atau malam hari.

5. Sleep apnea

Penyebab bayi sulit tidur lainnya yaitu sleep apnea. Kondisi ini tergolong serius karena bisa menggangu pernapasan bayi saat tidur. Semua bayi berisiko mengalami masalah ini, namun pada bayi lahir prematur atau bayi dengan kelainan genetik, risikonya semakin tinggi.

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Setelah mengetahui penyebabnya, maka para orang tua kini perlu untuk memahami cara mangatasi susah tidur pada bayi. Mengutip dari hellosehat.com , berikut ulasan lengkapnya.

1. Berikan sesuatu yang bisa diisap bayi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat bayi sulit tidur yaitu dengan memberikan sesuatu yang bisa diisap. Anda bisa memberikan ASI saat bayi susah tidur. Selain itu, Anda juga bisa memberikan dot agar bayi bisa tidur dengan lelap.

2. Membedong bayi

Bayi susah tidur bisa disebabkan karena rasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa membedong bayi agar lebih nyaman dan hangat. Pasalnya kehangatan saat bayi dibedong menyerupai kondisi saat bayi di dalam kandungan.

Namun sebagian bayi tak cukup hanya dibedong. Ada juga bayi yang merasa nyaman jika digendong. Maka dari itu, Anda juga harus memahami kenyamanan dari bayi tersebut.

3. Membaringkan bayi ke arah samping

Cara mengatasi susah tidur di malam hari pada bayi yaitu dengan membaringkan tubuh bayi ke arah samping. Setelah itu, Anda juga bisa menepuk perlahan punggung bayi agar merasa tenang dan nyaman.

Setelah itu, segeralah untuk membalikan posisi terlentang saat bayi sudah lelap. Tujuannya yaitu untuk mencegah sindrom kematian bayi mendadak.

Saat tengah menepuk halus punggung bayi, Anda juga menenangkan bayi dengan berbicara menggunakan nada lembut. Jaga juga suhu kamar agar tetap hangat sehingga bayi selalu nyaman.

4. Memijat bayi

Memijat bayi juga bisa menjadi salah satu cara jitu mengatasi susah tidur pada bayi. Pijatan diketahui bisa mengurangi tangan bayi. Waktu yang terbaik untuk memijat bayi yaitu saat ia tengah sulit tidur.

Lakukan gerakan dengan lembut dan lambat agar bayi lebih nyaman. Anda juga bisa menggunakan minyak atau krim pijat khusus bayi saat usianya sudah masuk satu bulan.

Demikian beberapa cara mangatasi bayi susah tidur yang perlu diketahui para orang tua. Jangan remehkan saat bayi sulit tidur, sebab pertumbuhan bayi juga dipengaruhi oleh waktu istirahatnya.

Topik Menarik