Waspada! Lutut Sering Ngilu Bisa Jadi Gejala Asam Urat Moms

Waspada! Lutut Sering Ngilu Bisa Jadi Gejala Asam Urat Moms

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 20 Januari 2022 - 07:05
share

Apakah Moms sering mengalami lutut terasa ngilu? Biasanya, lutut sakit atau nyeri lutut sering disertai dengan keluhan lutut terasa kaku, sulit diluruskan, atau mengalami pembengkakan.

Nyeri lutut biasanya terasa lebih hebat pada saat lutut digerakkan. Kondisi ini bisa jadi adalah salah satu gejala asam urat.

Tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba dan seringkali pada malam hari. Beberapa gejala asam urat yang patut diwaspadai, yaitu:

1. Nyeri sendi yang intens

Penyakit asam urat bisa menyebabkan nyeri sendi yang intens. Nyeri tersebut berasal dari munculnya kristal asam urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah.

Melansi Mayo Clinic, Kamis (20/1/2022), penyakit asam urat biasanya memengaruhi jempol kaki. Tetapi, penyakit ini pada dasarnya dapat terjadi pada sendi manapun. Sendi lain yang sering terkena, termasuk:

Nyeri sendi akibat asam urat kemungkinan paling parah terjadi dalam 4-12 jam pertama setelah penyakit muncul.

2. Ketidaknyamanan sendi yang berkepanjangan

Setelah rasa nyeri yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi bisa berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu, Moms. Serangan asam urat selanjutnya cenderung akan bertahan lebih lama dan memengaruhi lebih banyak sendi.

3. Pembengkakan sendi

Selain nyeri sendi, gejala asam urat juga bisa berupa munculnya pembengkanan dan kemerahan pada sendi yang terkena, Moms. Ada dua alasan mengapa pembengkakan bisa terjadi akibat asam urat.

Pertama, bengkak muncul karena jaringan pelapis sendi yang bernama sinovium membengkak. Kedua, adanya peningkatan volume cairan synovial atau pelumas sendi saat terjadi peradangan.

4. Rentang gerak terbatas

Moms, aaat penyakit asam urat berkembang, penderita bisa jadi tak bisa lagi menggerakkan persendian secara normal. Ini termasuk saat sendi mulai mengalami pembengkanan akibat asam urat.

5. Sensasi panas di sendi

Tak hanya nyeri sendi yang tak tertahankan dan pembengkakan, gejala asam urat juga bisa berupa rasa panas di persendian. Kondisi ini pada kenyatannya bisa menjangkit segala usia, termasuk kalangan muda usia 20 tahunan, lho Moms.

Sensasi panas atau hangat di persendian tersebut tak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi.

6. Benjolan (tophi)

Jika Moms terlambat atau bahkan tak mengobati penyakit asam uratnya, hal itu bisa menjadi kronis. Benjolan keras yang disebut tophi pada akhirnya akan berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya.

Nah, keberadaan tophi ini secara permanen bisa merusak sendi. Oleh sebab itu, perawatan sesegera mungkin sangat penting ditempuh untuk mencegah penyakit asam urat menjadi kronis.

Topik Menarik