7 Manfaat Tak Terduga Jika Rajin Minum Air Putih, Salah Satunya Bisa Cegah Cepat Pikun!

7 Manfaat Tak Terduga Jika Rajin Minum Air Putih, Salah Satunya Bisa Cegah Cepat Pikun!

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 14 Januari 2022 - 16:15
share

Meminum air putih baik untuk kesehatan lho Moms. Penting untuk sering mengingatkan keluarga untuk rajin mengonsumsi air putih. Ingat, yang wajib diminum adalah air putih ya, bukan air dengan rasa atau air bersoda misalnya.

Kira-kira apa saja sih manfaat jika rajin minum air putih? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (14/1/2022).

1. Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi dapat memperlambat metabolisme hingga 3 persen, dan menyebabkan kelelahan, maka penting bagi mereka untuk cukup minum air setiap harinya. Manfaat air salah satunya adalah menghilangkan dehidrasi yang dialami 75 persen orang, termasuk.

2. Membantu kamu dengan asma dan alergi

75 persen dari volume sel harus diisi dengan air. Jika tidak mendapat cukup air untuk sistem tubuh berfungsi seseorang pun mudah terserang asma dan alergi .

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asma bisa disebabkan karena dehidrasi kronis. Selain itu, seseorang juga rentan terhadap alergi jika mereka meningkatkan asupan makanan tanpa diimbangi asupan air juga. Karenanya manfaat air salah satunya untuk membantu meredakan asma dan alergi.

3. Mengurangi sakit perut karena lapar

Salah satu manfaat air termasuk mengurangi sakit pada perut akibat lapar. Oleh karena itu. Mungkin kamu berpikir bahwa hal ini membuat tubuh begadang semalaman karena ingin ke kamar mandi, tapi jika tubuh membutuhkan air, maka apa yang kita minum akan digunakan untuk mengisi kembali organ dan selnya.

4. Mengurangi kelelahan dan membantu belajar

Saat haus, seseorang akan mudah lelah. Penelitian menunjukkan bahwa, tidak mengisi kembali tubuh dengan air secara cukup merupakan pemicu nomor satu kelelahan pada siang hari. Menurut Fereydoon Batmanghelidj, manfaat air salah satunya merupakan sumber energi utama dan disebut sebagai \'cash flow\' tubuh.

5. Meringankan sakit pada punggung dan sendi

Nyeri punggung, sendi, dan juga otot bukan selalu terjadi karena penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa 8 sampai 10 gelas air sehari dapat secara signifikan meredakan nyeri punggung, sendi, dan otot hingga 80 persen pada penderitanya.

6. Membantu masalah short term memory

Ternyata, hanya 2 persen saja penurunan kadar air dalam tubuh, dapat mengganggu memori jangka pendek lho. Manfaat air jika diminum sesuai anjuran setiap hari, dapat membantu mencegah kehilangan ingatan hingga usia tua.

7. Membantu membersihkan kulit

Punya kulit yang sehat dan bebas jerawat jadi penting, bukan semata-mata untuk penampilan, tapi lebih karena alasan kesehatan. Ada berbagai penyebab jerawat, tapi manfaat air berperan besar di sini. Minum banyak air, meninggalkan soda, dan konsumsi lebih banyak buah serta sayuran dapat membantu membersihkan sel-sel kulit, seperti:

- menghilangkan racun dari dalam tubuh

- membilas sistem apapun dalam tubuh

- menghidrasi kulit

- membuat kulit lebih halus

- mengurangi efek penuaan

Itulah sederet manfaat yang akan didapat jika rajin mengonsumsi air putih.

Topik Menarik