Waduh, Ternyata 15 Orang yang Satu Pesawat dengan Ashanty Positif Covid-19! Siapa Saja?

Waduh, Ternyata 15 Orang yang Satu Pesawat dengan Ashanty Positif Covid-19! Siapa Saja?

Gaya Hidup | herstory | Sabtu, 8 Januari 2022 - 18:00
share

Kasus Covid-19 di Indonesia kini kembali meningkat. Pasalnya, Covid-19 varian Omicron sangat cepat menyebar dan membuat banyak orang terinfeksi.

Baru-baru ini, kasus Covid-19 menimpa istri Anang Hermansyah, Ashanty. Hal ini dibeberkan lebih lanjut oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan yang juga Direktur Jenderal Pencegahan dan Penyakit Menular Langsung (P2PML), dr. Siti Nadia Tarmizi.

Dalam pesawat yang ditumpangi Ashanty, ternyata ada beberapa orang lain yang juga terdeteksi virus corona. Saat diakumulasi, jumlahnya mencapai 15 orang termasuk istri Anang Hermansyah tersebut.

"Pada satu penerbangan yang berasal dari Turki, didapatkan positif Covid-19 ada 15 orang," kata Siti Nadia Tarmizi dikutip dari kanal YouTube CumiCumi, Sabtu (8/1/2022).

Dari hasil tes yang dilakukan pada Kamis, 6 Januari 2022, Ashanty bersama tujuh orang lainnya positif virus corona.

"6 Perempuan dengan inisial V, JC, RAS, AS, SH, KTS dan 2 pria inisial AHH, MTH," jelas Siti Nadia Tarmizi.

Sebelum tiba di Indonesia, Ashanty memang meyakinkan masyarakat Indonesia telah menjalani dua kali tes Covid. Pertama di hotel kawasan Istanbul dan lainnya di bandara jelang kepulangannya.

Namun, Siti Nadia Tarmizi menekankan, mungkin saja pada saat itu virus corona masih berinkubasi. Sehingga jumlah yang sedikit enggak terdeteksi saat dites.

"Sangat memungkinkan juga jika terjadi perbedaan hasil," kata Nadia.

Ia menjelaskan, "kalau belum mencapai angka terdeteksi, hasilnya masih akan negatif. Seiring masa inkubasi, virus itu bertambah, maka akan makin terdeteksi."

Mengenai pertanyaan apakah rombongan Ashanty masuk dalam kategori Covid-19 varian omicron, belum ada jawaban. Sebab, masih dilakukan tes untuk mengetahui akurasi data terkait kasus tersebut.

"Untuk varian, harus dilakukan genome sequencing dan SGTF (PCR S Gene Target Failure). Kami sedang tunggu hasilnya, apakah omicron atau bukan," ujar Nadia.

Hingga saat ini Ashanty yang positif Covid-19 menjalani isolasi di rumah sakit. Itu karena mertua Atta Halilintar itu memiliki penyakit bawaan, autoimun.

Topik Menarik