Jangan Begadang Beauty, Ini loh Dampak Buruknya bagi Kesehatan

Jangan Begadang Beauty, Ini loh Dampak Buruknya bagi Kesehatan

Gaya Hidup | herstory | Senin, 3 Januari 2022 - 15:25
share

Hayo, siapa ini di antara Beauty yang masih sering begadang? Meski sudah tahu begadang memberikan dampak buruk bagi kesehatan, tapi beberapa orang masih juga melakukan aktivitas ini, lho.

Banyak hal yang membuat seseorang begadang, seperti nonton film, main games, atau bahkan berpesta dengan teman. Padahal tidur berkualitas di malam hari dengan jadwal rutin penting untuk menunjang kinerja organ, metabolisme, sampai menjaga daya tahan tubuh, lho.

Jadi, sebaiknya stop ya kebiasaan buruk ini karena bisa berdampak pada kesehatan, seperti:

1. Meningkatkan gula darah

Dampak buruk begadang yaitu dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebuah peenlitian menunjukkan bahwa orang yang kerap begadang ternyata memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi ketimbang orang yang jadwal tidurnya normal dan teratur.

Padahal, peningkatan gula darah ini bisa menjadi penyebab utama penyakit jantung dan ginjal, lho Beuty.

2. Pola makan buruk

Terlalu sering begadang juga bisa mengubah pola mkaan menjadi tak sehat, Beauty. Biasanya orang yang kerapkali begadang, porsi makan dalam sehari jadi berlebihan.

Selain itu, orang yang sering begadang juga mengonsumsi makanan tak sehat yang tinggi lemak dan kalori. Ini juga bisa memicu kolesterol tinggi serta rentan terhadap penyakit kronis, ya.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Efek begadang juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, Beauty. Pasalnya, perubahan pola tidur yang tak menentu, bisa menyebabkan 'jet lag'. Untuk setiap 'jet lag\l' pergeseran jam tidur tersebut, risiko penyakit jantung orang yang begadang meningkat sebesar 11 persen.

4. Menghambat proses penyembuhan saat sakit

Tidur yang berkualitas juga menjadi bagian dari proses penyembuhan alami tubuh, Beauty. Sebaliknya, begadang atau tak tidur sepanjang malam bisa menghambat proses penyembuhan sakit. Ini karena saat tidur nyenyak, sistem daya tahan tubuh membantu badan menghadapi serangan penyakit atau infeksi.

5. Rentan terkena deperesi

Bahaya begadang bagi kesehatan mental yang tak boleh disepelekan yaitu depresi. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang terbiasa begadang cenderung mengalami gejala depresi.

Kendati para ahli kini masih meneliti hubungan sebab akibat antara begadang dan depresi. Tapi yang pasti keduanya saling berkaitan, Beauty.

6. Menurunkan kemampuan otak

Efek begadang bagi kesehatan juga bisa menurunkan fungsi otak untuk berpikir, lho Beauty. Fungsi otak ini terkait dengan perhatian, fokus, konsentrasi, respons, daya ingat, sampai kecerdasan emosional.

Selain itu, kurang tidur karena begadang juga dapat menurunkan kreativitas dan kemampuan otak dalam memecahkan masalah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa efek begadang semalaman pada otak ini mirip dengan orang mabuk alkohol.

7. Menyebabkan kantuk di siang hari dan micro sleep

Nah, biasanya nih orang yang sering begadang akan mengalami rasa kantuk yang luar biasa di siang hari. Kurang tidur juga dapat memicu micro sleep atau tidur sebentar tanpa sadar selama beberapa detik. Micro sleep dapat berbahaya, terutama bagi orang yang sedang mengemudikan kendaraan.

Topik Menarik