Kisah Shahid Khan, Pengusaha Muslim Berharta Rp195,41 Triliun dari Bisnis Bumper Mobil

Kisah Shahid Khan, Pengusaha Muslim Berharta Rp195,41 Triliun dari Bisnis Bumper Mobil

Ekonomi | inews | Rabu, 10 April 2024 - 07:15
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak miliarder yang memulai perjalanan usahanya dengan cara tidak mudah. Shahid Khan salah satunya, di mana dia pernah bekerja menjadi pencuci piring di sebuah restoran pada saat awal pindah ke Amerika Serikat (AS).

Berkat kerja kerasnya, Khan berhasil tumbuh menjadi seorang pengusaha Muslim sukses dan masuk jajaran orang terkaya di dunia dengan menempati urutan ke-163. Menurut Forbes , Khan memiliki total kekayaan sekitar 12,3 miliar dolar AS atau setara Rp195,41 triliun.

Khan lahir pada 18 Juli 1950 di Lahore, Pakistan. Dia berasal dari keluarga kelas menengah yang bercita-cita ingin menjadi seorang arsitek. Hal tersebut karena latar belakang ayahnya yang merupakan seorang penjual peralatan survei konstruksi dan menggambar.

Guna mewujudkan cita-citanya tersebut, Khan memutuskan pindah ke AS pada usia 16 tahun dengan bekal uang sebesar 500 dolar AS. Untuk bertahan hidup, Khan memilih bekerja pencuci piring di restoran dengan bayaran 1,2 dolar AS per jam.

Berkat kerja kerasnya Khan merampungkan pendidikannya dan mendapatkan gelar B.Sc jurusan Teknik Industri dari UIUC College of Engineering pada 1971. Dia juga telah mewujudkan cita-citanya dengan bekerja di produsen suku cadang mobil, Flex-N-Gate.

Setelah lulus kuliah, Khan dipromosikan menjadi Direktur Teknik di perusahaan tersebut. Kemudian, pada 1978 dia mendirikan Bumper Works, produsen pembuat bumper mobil untuk truk pikap dengan modal 16.000 dolar AS dari tabungannya.

Khan mencari pinjaman modal sebesar 50.000 dolar AS dari Small Business Administration untuk mengembangkan bisnisnya. Usahanya pun dalam waktu singkat melesat dan makin terkenal.

Kemudian pada 1980, Khan membeli perusahaan Flex-N-Gate, dan dalam waktu sembilan tahun berhasil menjadi satu-satunya pemasok untuk seluruh lini Toyota di Negeri Paman Sam.

Selain bidang otomotif, Khan juga terjun ke dunia olahraga dengan membeli salah satu tim National Football League (NFL), Jaguar Jacksonville dari Wayne Weavers pada 2011. Kesepakatan akuisisi tersebut terjadi pada tahun yang sama dan penjualan rampung pada tahun berikutnya.

Setelah membeli Jaguar Jacksonville, Khan membeli klub Premier League, Fulham FC dari pemilik sebelumnya Mohamed Al Fayed pada 2013 dengan perkiraan harga 150-200 juta euro. Selain sepak bola, Khan diketahui menjadi investor utama di balik gulat profesional All Elite Wrestling (AEW).

Topik Menarik