Pasar Tanah Abang Dibanjiri Pengunjung 2 Minggu Jelang Lebaran

Pasar Tanah Abang Dibanjiri Pengunjung 2 Minggu Jelang Lebaran

Ekonomi | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id - Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dibanjiri pengunjung masyarakat dua minggu menjelang lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah. Kepadatan sudah tergambar dari padatnya kondisi lalu lintas di luar pasar dan padatnya masyarakat yang beraktivitas di dalamnya.

Pantauan iNews.id di lokasi, Jumat (29/3/2024) pada pukul 16.00 WIB di Blok A dan B Pasar Tanah Abang terlihat cukup banyak yang melakukan aktivitas transaksi untuk berbelanja produk tekstil. Semakin sore menjelang berbuka, kondisi Pasar Tanah Abang tambah ramai dikunjungi masyarakat.

Kondisi demikian seperti yang dirasakan langsung oleh para pedagang pasar Tanah Abang. Salah seorang penjual busana pria, Rika (25) mengatakan, kondisi pasar Tanah Abang Blok B memang belakangan cukup ramai dikunjungi masyarakat, utamanya ketika semakin dekat dengan momentum lebaran.

Kepadatan pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, juga terlihat hingga bagian luar. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)
Kepadatan pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, juga terlihat hingga bagian luar. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)

"Hari ini sudah ramai apalagi tanggal merah, Pasar penuh sampai orang kadang tidak bisa lewat juga, jalanan juga sudah ramai ini sudah terjadi sejak awal bulan puasa," ujar Rika kepada iNews.id.

Tak hanya di Blok B, salah satu pedagang Kemeja di Blok A, Rian (33) juga mengkonfirmasi kondisi serupa. Menjelang lebaran memang sudah biasa pasar Tanah Abang mengalami peningkatan kunjungan masyarakat.

Tapi pada tahun ini, dirasakan Rian, kondisinya masih kalah lebih ramai jika dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun lalu. Ramainya kondisi pasar Tanah Abang dirasakannya sudah terjadi seminggu belakangan.

"Kondisi pasar sekarang seminggu mau lebaran ini sudah mulai banyak masuk (orang) sih. Kalau dibandingkan tahun kemarin tapi masih ramai tahun kemarin sih," katanya.

Penjual Celana Anak-anak dan Dewasa di Blok A, Hamzah menyebut bahwa konsumsi masyarakat akan pakaian ketika memasuki periode lebaran memang cenderung meningkat jika dibandingkan dengan periode normal atau selain bulan ramadhan.

"Sudah mulai ramai 2 minggu mau lebaran THR juga sudah mulai cair, gaji juga sudah keluar jadi sudah mulai banyak masyarakat yang berbelanja baju lebaran," ucap Hamzah.

Topik Menarik