Satgas Pangan Sebut Stok Bahan Pokok di Babel Aman Hingga Lebaran

Satgas Pangan Sebut Stok Bahan Pokok di Babel Aman Hingga Lebaran

Ekonomi | lintasbabel.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 16:31
share

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Kepala Tim  Satgas Pangan Mabes  Polri Wilayah Bangka Belitung,  Kombes Pol Ahmad Yanuari Insan memastikan ketersediaan pangan mencukupi hingga Idul Fitri 1445 H. Oleh karena itu ia meminta masyaraat tak khawatir mengenai stok dan distribusi pangan 

"Kami sudah cek, stok bapok di Babel untuk 2 bulan kedepan aman dan tersedia," Kata Kombes Pol Ahmad Yanuari Insan, Rabu (27/3/2024).

Tim Satgas Pangan Mabes Polri menemukan harga beberapa komoditi cenderung masih stabil diambang normal. Meskipun ada  beberapa komoditi seperti cabe dan bawang mengalami kenaikan harga. Namun demikian, hal tersebut juga terjadi di beberapa wilayah. 

"Memang ada beberapa komoditi cabe dan bawang. Terus terang ini bukan hanya di Babel. Apalagi Babel juga bukan sentra produksi, semuanya didatangkan dari luar jawa. Kendalanya juga terkait pasang surut air laut sehingga ini berpengaruh," tuturnya. 

 

Selain itu, kendati harga masih fluktuatif, tidak ditemukan harga bapok di Babel diatas harga eceran tertinggi (HET). Seperti halnya, harga beras premium dari Rp17 ribu turun Rp16 ribu dan beras medium turun sampai Rp14 ribu hingga Rp15 ribu. 

"Secara nasional dibanding 1 bulan lalu mengalami penurunan. Makanya ini kita juga turun kewilayah untuk cek ada sumbatannya dimana," ujarnya.

 

Topik Menarik