Erick Thohir Usulkan PMN Rp13,6 Triliun untuk 7 BUMN

Erick Thohir Usulkan PMN Rp13,6 Triliun untuk 7 BUMN

Ekonomi | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 13:40
share

JAKARTA, iNews,.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun anggaran 2024 senilai Rp13,6 triliun. PMN ini akan diberikan kepada tujuh perusahaan pelat merah.

Adapun, PMN sebesar Rp13,6 triliun ini berasal dari cadangan pembiayaan investasi. Usulan ini disampaikan Erick dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (19/3/2024). Menurutnya, anggaran tersebut bisa didalami legislator, sebelum disetujui Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Tahun 2024 ini memang kita ada cadangan pembiayaan investasi yang kita dorong senilai Rp13,6 triliun, saya kira mohon atas PMN yang diusulkan ini dapat dilakukan pendalaman oleh Komisi VI dan seluruh jajarannya, ujar Erick.

Erick memastikan, cadangan pembiayaan investasi akan dialokasikan untuk penyehatan bisnis BUMN, termasuk digunakan dalam program yang menjadi penugasan pemerintah.

Dan tentu sebagai catatan juga yang terpenting seperti juga kita terus dorong yang namanya penyehatan dan juga tentu penugasan yang sudah kita ini kan, ucapnya.

Berikut daftar BUMN yang diusulkan mendapat PMN 2024 dari cadangan pembiayaan investasi:

1. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dengan nilai PMN 2024 yang diajukan sebesar Rp2 triliun. Dana ini akan digunakan untuk pengadaan kereta melalui retrofit dan pembelian kereta baru.

2. PT Hutama Karya (Persero) dengan usulan PMN 2024 sebesar Rp1,6 triliun. Anggaran segara ini dialokasikan untuk penyelesaian ruas Tol Palembang-Betung.

3. Reasuransi Indonesia Utama dengan usulan PMN 2024 senilai Rp1 triliun. Rencananya, PMN dipakai untuk penguatan permodalan.

4. PT Pelni (Persero) dengan nilai usulan PMN 2024 Rp3 triliun. Digunakan untuk pembelian tiga kapal penumpang untuk rute perintis.

5. PT INKA (Persero) dengan nilai PMN yang diajukan Rp2 triliun. Rencananya digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas produksi.

6. ID FOOD dengan PMN 2024 yang diusulkan sebesar Rp1 triliun. Digunakan untuk penguatan permodalan.

7. Bahana PUI dengan usulan PMN 2024 senilai Rp3 triliun. Dialokasikan dalam penguatan permodalan dan pinjaman KUR.

Topik Menarik