Mudik Lebaran 2024, Ganjil Genap tidak Diterapkan, Menko PMK Muhadjir Effendy: Tidak Efektif

Mudik Lebaran 2024, Ganjil Genap tidak Diterapkan, Menko PMK Muhadjir Effendy: Tidak Efektif

Ekonomi | serpong.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 07:50
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kebijakan ganjil genap tidak akan diterapkan saat mudik Lebaran 2024. Demikian ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Menurut Muhadjir Effendy, kebijakan tersebut tidak efektif, seperti yang terjadi pada mudik Lebaran 2023 di mana ganjil genap tidak berhasil mengurangi kemacetan secara signifikan.

Sebagai gantinya, pemerintah akan fokus pada penerapan one way dan contra flow untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik.

Ganjil Genap tidak Efektif

"Mungkin ganjil genap tidak akan diberlakukan ya. Yang akan kita terapkan biasanya hanya one way dan contra flow. Pengalaman sebelumnya menunjukkan bahwa ganjil genap tidak efektif," ujar Muhadjir dalam keterangannya usai Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin kemarin.

Lebih lanjut, Muhadjir menyebut bahwa rekayasa lalu lintas akan dimulai pada tanggal 5 April mendatang, mengingat puncak mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 5 hingga 7 April 2024. "Puncak mudik diperkirakan terjadi tanggal 5-7 April 2024 dan arus balik tanggal 14-15 April 2024," tambahnya.

Sementara itu, Muhadjir juga mengizinkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk berboncengan tiga, namun satu di antaranya haruslah anak-anak. "Boleh, asalkan satu penumpangnya anak-anak," katanya.

Meskipun demikian, Muhadjir menegaskan bahwa Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) telah mengimbau agar masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua ikut program mudik gratis.

"Kakorlantas telah mengimbau, yang penting adalah keselamatan. Mengapa tidak memanfaatkan program mudik gratis, terutama bagi mereka yang membawa anak-anak?" ujarnya.

Muhadjir juga menegaskan bahwa tidak akan ada penindakan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua membawa anak-anak. "Tidak akan ada penindakan di perjalanan secara prosedur, demi menjaga kelancaran arus lalu lintas," tegasnya. (*)



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ganjil Genap Tak Jadi Diterapkan Saat Mudik, Menko PMK: Tidak Efektif ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/ganjil-genap-tak-jadi-diterapkan-saat-mudik-menko-pmk-tidak-efektif .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik