Program HK Peduli Berikan Pelatihan dan Pemberdayaan UKM Desa di Deli Serdang

Program HK Peduli Berikan Pelatihan dan Pemberdayaan UKM Desa di Deli Serdang

Ekonomi | medan.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04
share

DELI SERDANG, iNewsMedan.id - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 63, PT. Hutama Karya (Persero) bersama anak perusahaan PT. Hakaaston (HKA) ruas tol Medan-Binjai menyalurkan bantuan dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) kepada warga Desa Paya Bakung, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, yang merupakan warga sekitar dari wilayah ruas tol Medan Binjai, pada Kamis (14/3/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Analyst TJSL HK Intan Safitri, Analyst Corporate Communication & TJSL HKA Harya Digdaya, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang Yudy Hilmawan, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang Sry Ekayani, dan Camat Hamparan Perak Jahar Effendy.

Rangkaian acara serah terima bantuan TJSL HK Peduli dimulai dengan penandantangan dan penyerahan bantuan berupa rak buku dan buku bacaan, 1 unit perahu karet, tempat sampah terpilah, 10 unit mesin jahit portable serta melaksanakan pelatihan jahit-menjahit sarung rubbercone bagi kelompok ibu PKK di Desa Paya Bakung.

Kepala Unit TJSL PT.Hutama Karya Agus Kosasih yang diwakilkan Analyst TJSL Hutama Karya Intan Safitri menyampaikan penyerahan bantuan dinilai sejalan dengan semangat HUT HK yang ingin menciptakan inovasi lewat kepedulian lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan UKM Desa.

Harapannya potensi desa yang berada dekat dengan aktivitas perusahaan dapat ditingkatkan lewat pembinaan terhadap lingkungan, generasi muda dengan meningkatkan minat baca sejak dini, dan membantu kaum ibu dalam meningkatkan skill atau keahlian mereka sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat itu sendiri, jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Analyst Corporate Communication dan TJSL HKA Harya Digdaya bahwa penyaluran seluruh bantuan merupakan komitmen HKA dalam menjalankan keberlangsungan usaha dengan seiring pilar-pilar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Bidang Lingkungan, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat.

Kita terus berkomitmen untuk hadir ditengah masyarakat untuk turut serta mengembangkan potensi desa khususnya di ruas tol Medan-Binjai. Apalagi kita telah melahirkan satu program inovasi berupa sarung rubbercone yang tidak hanya ramah lingkungan, namun juga diharapkan berdampak pada pelaku UKM Desa, jelas Harya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Yudy Hilmawan yang turut mengapresiasi adanya program TJSL Hutama Karya dikarenakan dampaknya dapat dirasakan langsung masyarakat Deli Serdang.

Kami dari Pemerintah Deli Serdang memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan berterimakasih sekali dengan adanya bantuan HK Peduli. Sekolah diberikan buku bacaan, kaum ibu sudah mendapatkan pelatihan dan mesin jahit, ditambah lagi kami mendapat perahu karet yang mana memang desa kami ini sering terdampak banjir kiriman, tegas Yudy.

Kegiatan serah terima bantuan TJSL HK Peduli pun berjalan dengan lancar yang ditutup dengan penampilan tarian tradisional persembahan siswi SDN 101762 Desa Paya Bakung.

Hutama Karya berharap bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik dan menjadi awal terciptanya Desa Binaan Hutama Karya yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara berkelanjutan.

Topik Menarik