Bangkit di Tengah Invasi Rusia, Ekonomi Ukraina Naik 5,3 Persen di 2023

Bangkit di Tengah Invasi Rusia, Ekonomi Ukraina Naik 5,3 Persen di 2023

Ekonomi | inews | Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:12
share

KIEV, iNews.id - Perekonomian Ukraina naik 5,3 persen pada 2023 setelah mengalami kontraksi hampir sepertiganya pada tahun pertama invasi besar-besaran Rusia, menurut data badan statistik. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari yang ditargetkan Menteri Ekonomi Ukraina Yulia Svyrydenko sebesar 5 persen.

Mengutip Reuters , badan statistik belum mempublikasikan data lengkap selama perang. Data yang dimunculkan pada hari Kamis ini merupakan yang pertama kalinya sejak Ukraina menyampaikan data Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan sejak invasi.

Tidak dijelaskan juga rincian terkait pendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu tersebut. Pejabat Ukraina menyebut, PDB anjlok 28,8 persen pada 2022 dan berharap akan tumbuh sebesar 4,6 persen tahun ini.

Adapun, perekonomian Ukraina sangat bergantung pada bantuan keuangan dari Barat. Bantuan penting dari Amerika Serikat (AS) tertahan di Kongres selama berbulan-bulan karena adanya oposisi dari Partai Republik.

Menteri Keuangan Ukraina Serhiy Marchenko menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa dia optimistis paket bantuan AS akan disahkan pada April mendatang.

Itu semua ada alasannya. Kami cukup optimis meski bisa saja ada berbagai hal yang tidak terduga, ucap Marchenko.

Topik Menarik