Keutamaan Sedekah Beras yang Wajib Diketahui, Setiap Butir jadi Pahala

Keutamaan Sedekah Beras yang Wajib Diketahui, Setiap Butir jadi Pahala

Ekonomi | inews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:36
share

JAKARTA, iNews.id - Seorang muslim wajib membantu sesama saudaranya yang sedang kesusahan. Baik itu membantu secara material maupun non-materiel, seperti melalui ilmu atau tenaga yang dimilikinya.

Ini semua termasuk ke dalam perilaku bersedekah, yakni membantu sesama untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Bersedekah adalah amalan yang sangat diutamakan dalam agama Islam, bahkan ganjarannya adalah kelapangan di akhirat kelak. Seperti yang tertuang dalam hadits Rasulullah Saw berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. (HR Muslim, At-Tirmidzi)

Bentuk sedekah yang dapat di bulan Ramadan sangat banyak. Salah satunya, sedekah beras. Sedekah ini berbeda dengan zakat fitrah yang wajib ditunaikan.

Terletak pada hukumnya, zakat fitrah wajib ditunaikan dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, mampu atau memiliki kelebihan rezeki untuk kebutuhan pokok, dan besaran dan waktunya sudah ditentukan yakni seberat 2,5 kg per jiwa ditunaikan pada saat bulan Ramadan.

Sementara sedekah beras tidak terkait dengan hal-hal tersebut. Amalan ini dapat dilakukan kapan saja, namun lebih utama dilakukan saat berpuasa di bulan Ramadan.

Bahkan, diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu anhu, bulan Ramadan menjadi momentum bagi Rasulullah untuk meningkatkan sedekahnya. Beliau menjadi lebih dermawan di bulan Ramadan hingga diibaratkan melebihi angin yang berhembus, cepat memberi dan berbagi.

Di Indonesia, kenaikan harga beras menjadi masalah bersama yang perlu diatasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, harga beras nasional tahun ini rata-rata menyentuh harga Rp15.157 per kg. Hal ini tentu memberatkan masyarakat miskin pra-sejahtera.

Maka dari itu, inilah waktunya untuk memberikan sedekah beras kepada mereka yang membutuhkan. Melalui program Sedekah Beras, Dompet Dhuafa berupaya membantu mereka yang berkekurangan untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok berupa beras.

Sedekah beras untuk lansia, yatim, dan dhuafa ini merupakan salah satu upaya Dompet Dhuafa membantu masyarakat kurang mampu agar bisa makan, memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dan mendapatkan sumber kekuatan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti ibadah, sekolah, juga mencari nafkah.

Ustaz Sudirman Lubis dan Ustaz Rahmat Hidayat, Dai Dompet Dhuafa

Topik Menarik