Pastikan Harga Stabil Jelang Ramadhan, Polres Probolinggo Lakukan Pengawasan Beras di Pasar

Pastikan Harga Stabil Jelang Ramadhan, Polres Probolinggo Lakukan Pengawasan Beras di Pasar

Ekonomi | probolinggo.inews.id | Kamis, 29 Februari 2024 - 17:03
share

PROBOLINGGO , iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggi melalukan pengecekan dan pengawasan harga beras di sejumlah pasar, salah satunya pasar Dringu. Pengecekan itu dilakukan guna memastikan harga beras kembali stabil jelang bulan suci ramadhan.

Pada pengecekan dan pengawasan yang digelar pada Kamis (29/2/2024) itu, Polres Probolinggo menggandeng Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo, serta Bulog.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana melalui Kasat Reskrim Iptu Putra Fajar Adi Winarsa mengatakan, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kanit Tipidter Aipda Wandha itu sudah dilakukan sejak beras mengalami kenaikan.

Dan dari hasil pengecekan di pasar dringu, harga beras per kilogramnya, mengalami penurunan berkisar Rp 500,- hingga Rp 1.000,-.

"Untuk beras medium harganya Rp 14.000,-/kg dan untuk beras premium sekitar Rp 14.600/kg," jelasnya.

Putra menambahkan, jika dari hasil pengecekannya tidak terjadi kelangkaan beras dan bahan pokok lainnya menjelang Ramadhan 1445 Hijriyah.

"Ini untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang menaikan harga bahan pokok melebihi HET (harga eceran tertinggi, red) pemerintah," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Bulog Yoga Prastiaji menuturkan, jika pihaknya sudah melakukan pengiriman beras bulog di sejumlah pasar, salah satunya pasar Dringu ini. Dengan harga HET beras bulog senilai Rp 10.900

"Penjual di Pasar Dringu tidak boleh menjual dari harga tersebut untuk beras bulog," tuturnya.

Yoga menambahkan bahwa, pihaknya akan bekerja sama dengan Disperindag Kabupaten Probolinggo akan menggelar pasar murah.

Topik Menarik