Rugi Rp232 Miliar, Bank OCBC NISP Laporkan Konglomerat Susilo Wonowidjojo

Rugi Rp232 Miliar, Bank OCBC NISP Laporkan Konglomerat Susilo Wonowidjojo

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 19:26
share

IDXChannel - Tim kuasa hukum PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) membenarkan telah melaporkan pengusaha Susilo Wonowidjojo ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Laporan tersebut terkait dugaan tindak pidana pemalsuan surat, penipuan dan tindak pidana pencucian uang.

Pelaporan tidak hanya ditujukan kepada Susilo, tetapi juga bersamaan dengan Direksi, Komisaris dan Pemegang Saham PT Hari Mahardika Utama (PT HMU). Selain itu, Bank OCBC NISP juga melaporkan Direksi dan Komisaris PT Hair Star Indonesia (PT HSI), yang sebelumnya merupakan anak perusahaan PT HMU.

HSI tersebut telah merugikan Bank OCBC NISP berupa kredit macet hingga senilai kurang lebih Rp232 miliar dan total sekitar Rp1 triliun di beberapa bank lainnya.

Tim Kuasa Hukum Bank OCBC NISP, Hasbi Setiawan, menyebut pihaknya telah mendapatkan surat undangan klarifikasi dari Bareskrim Polri sebagai tindak lanjut atas laporan yang telah dibuat pada 9 Januari 2023.


"Benar, terkait dengan berapa lama prosesnya, kami serahkan kepada pihak kepolisian," ujar Hasbi saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia , Kamis (2/2/2023).

Berdasarkan surat No.B/ 590/ II/ RES. 1.9./2023/ Dittipideksus tanggal 1 Februari 2023, perihal Permintaan Keterangan (klarifikasi) dan dokumen, Tim Kuasa Hukum menyampaikan Bank OCBC NISP akan memberikan penjelasan secara lebih detail ke Bareskrim minggu depan mengenai dugaan tindak pidana yang dilaporkan terhadap Direksi, Komisaris dan pemegang saham PT. HMU.

Salah satunya Susilo Wonowidjojo yang merupakan salah satu konglomerat di Indonesia dan pemegang saham pengendali dari PT. HMU.

Dalam laporan Bank OCBC NISP di Bareskrim menyebutkan HSI mempunyai pinjaman kepada Bank OCBC NISP sejak 2016. Sesuai perjanjian kredit tersebut, Bank OCBC NISP memberikan kredit modal kerja untuk mendukung pengembangan bisnis rambut palsu atau wig PT HSI yang pabriknya berada di Sidoarjo, Jawa Timur.

(FRI)

Topik Menarik