Perbedaan Pandemi dan Endemi, Ini Penjelasan Lengkapnya

Perbedaan Pandemi dan Endemi, Ini Penjelasan Lengkapnya

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 11:12
share

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan pandemi dan endemi perlu diketahui oleh setiap orang. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus lebih memahami istilah tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Pandemi?

WHO atau World Health Organization menyatakan sebuah pandemi jika suatu perkembangan penyakit mengalami kenaikan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi akan terus meningkat setiap harinya.

Saat dinyatakan sebagai pandemi, virus yang ada tidak berhubungan dengan virologi, kekebalan populasi, atau tingkat keparahan penyakit. Sehingga virus mencakup area yang luas, seperti beberapa negara dan populasi.

Sedangkan, endemi adalah wabah penyakit yang ada secara konsisten pada wilayah tertentu. Hal tersebut menjadikan penyebaran penyakit dan tingkat penyebarannya dapat diprediksi. Contohnya adalah malaria, di mana hanya dianggap penyakit di wilayah negara tertentu.

Perbedaan pandemi dan endemi bukan dilihat dari jenis penyakitnya, melainkan dilihat dari kasus penyebarannya seperti wilayahnya. Hal ini sudah terlihat dari definisi WHO mengenai pandemi dan juga endemi.

Sebuah pandemi bisa melampaui batas internasional. Hal ini yang menyebabkan pandemi menyebabkan masalah sosial berskala besar, kerugian ekonomi, dan kesulitan bagi masyarakat. Sangat penting bagi kita untuk mengingat bahwa jika ada sebuah peringatan epidemi maka kemungkinan bisa meningkat menjadi pandemi.

Penyebab dari wabah penyakit:

- Cuaca. Contohnya penyakit flu sering terjadi disaat musim hujan
- Paparan dari bahan kimia atau bahan aktif. Contohnya penyakit minamata yang terjadi setelah terpapar merkuri
- Bencana alam. Setelah bencana alam juga biasanya akan terjadi pertumbuhan penyakit setelahnya
- Faktor lingkungan. Cadangan air, makanan, kualitas air, dan sanitasi bisa merangsang pertumbuhan penyakit

Contoh dari pandemi:

- The Black Death (1346-1353)
Pandemi ini diperkirakan menyebabkan 25 juta orang meninggal di seluruh dunia pada abad ke-14. Menurut para ahli, pandemi ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Yersinia pestis.

- American Plagues (Abad ke-16)
Penyakit bangsa Eurasia dibawa ke Amerika oleh penjelajah Eropa. Cacar air merupakan satu dari banyak penyakit yang dibawa oleh bangsa Eropa yang kemudian menyerang penduduk Inca dan Aztec pada saat itu. Terdapat estimasi yang mengatakan bahwa 90 persen orang asli Amerika di Western Hemisphere meninggal

- Spanish Flu (1918-1920)
Wabah penyakit selanjutnya adalah pandemi influenza atau biasa disebut flu spanyol. Flu ini diawali dari tahun 1918 setelah Perang Dunia I. Lebih dari 50 juta orang meninggal karena wabah ini selama 2 tahun.

Semoga informasi perbedaan pandemi dan endemi di atas bisa kamu pahami ya!

Topik Menarik