Terima Uang dari Lukas Enembe, Tito Karnavian Resmi Ditahan KPK?

Terima Uang dari Lukas Enembe, Tito Karnavian Resmi Ditahan KPK?

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 3 Oktober 2022 - 12:56
share

Video mencatut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 2 Oktober 2022.

Video itu dilengkapi sampul dan judul yang mengeklaim Tito Karnavian resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat menerima dana dari Gubernur Papua, Lukas Enembe yang saat ini sedang terjerar kasus dugaan korupsi.

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait.

"Tepat hari ini...!!! RESMI JADI TERSANGKA KPK TITO KARNAVIAN TAK BISA MENGELAK PENYIDIK TEMUKAN INI

???? LIVE ! TITO KARNAVIAN RESMI DI TAHAN KPK, AKIBAT TERIMA ALIRAN DANA DARI GUBERNUR PAPUA"

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Tito Karnavian resmi ditahan KPK imbas terima dana dari Lukas Enembe.

Video tersebut membacakan artikel Tempo.co yang diunggah pada 9 Oktober 2018 silam. Artikel itu berjudul "Bambang Widjojanto Pertanyakan Nyali KPK Periksa Tito Karnavian".

Artikel terkait membahas soal kasus korupsi yang menjerat bos CV Sumber Laut Perkasa, Basuki Hariman. Dalam kasus tersebut, Tito yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolri, diduga menerima sejumlah uang dari Basuki. Namun tudingan tersebut telah dibantah oleh Muhammad Iqbal selaku Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri pada kala itu.

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan klaim Tito Karnavian resmi ditahan KPK adalah tidak benar. Faktanya, judul dan isi video tidak saling berkaitan.

Topik Menarik