Loading...
Loading…
Rakyat Merdeka Award 2022 Bahlil Lahadalia Tokoh Pemulihan Iklim Investasi

Rakyat Merdeka Award 2022 Bahlil Lahadalia Tokoh Pemulihan Iklim Investasi

Powered by BuddyKu
Ekonomi | RM ID | Rabu, 28 September 2022 - 23:46

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai Tokoh Pemulihan Iklim Investasi. Acara ini digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran, dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Pandemi Covid-19 benar-benar memporak-porandakan perekonomian. Imbasnya, bukan hanya dirasakan negara berkembang, melainkan juga negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, China, dan banyak lagi yang lainnya, termasuk Indonesia. Banyak investor wait and see , bahkan menarik diri dari sejumlah negara alias capital outflow , sampai keadaan geopolitik dunia dikatakan clear .

Menariknya, rentetan kejadian mengerikan itu tak berimplikasi signifikan bagi Indonesia. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mampu menjaga kenyamanan investor asing. Ia mengawal mulai dari perizinan sampai berproduksi.

Bukan hanya mencapai target yang diberikan Presiden Jokowi, Bahlil bahkan mampu membuat investasi lebih berkualitas. Foreign Direct Investment (FDI), baik melalui Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mampu disebar di berbagai daerah, khususnya di luar Pulau Jawa. Sehingga investasi di Pulau Jawa hanya 48 persen, sementara di Luar Pulau Jawa mencapai 52 persen.

Tak sampai di situ. Rekam jejak Bahlil yang lahir dari golongan wong cilik tak membuatnya kacang lupa kulit. Putra Papua itu mewajibkan investor berkolaborasi dengan pengusaha lokal maupun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuannya, agar kue ekonomi merata, tidak dirasakan oleh pengusaha kakap yang itu-itu saja.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group , Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia, kata Kiki Iswara.

Selain Bahlil, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup. Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur, dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, Kuta Bali, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia!

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{