Loading...
Loading…
Sport Tourism Kepri Berpotensi Datangkan Wisman, Kata Pengamat

Sport Tourism Kepri Berpotensi Datangkan Wisman, Kata Pengamat

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Genpi | Selasa, 27 September 2022 - 00:30

GenPI.co Kepri - Sport tourism atau wisata olahraga Kepri berpotensi datangkan wisman kata pengamat Pariwisata Buralimar. Simak selengkapnya.

Buralimar menyebut setidaknya terdapat tiga jenis kegiatan wisata olahraga bertaraf internasional yang selama ini menjadi andalan Provinsi Kepri, khususnya di Kabupaten Bintan.

"Ada Tour De Bintan, Bintan Triathlon, dan Ironman 70.3," kata Buralimar di Tanjungpinang, Senin.

Ketiga kegiatan itu biasanya digelar rutin setiap tahun yang dipusatkan di kawasan pariwisata Lagoi di Bintan, namun vakum dalam dua tahun terakhir akibat dilanda pandemi COVID-19.

Tiga agenda wisata olahraga tersebut rata-rata mampu menarik ribuan peserta dari luar negeri, mulai dari negara-negara Asia hingga Eropa.

Pelaksanaan tiga acara wisata olahraga ini juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Bintan yang memang sangat bergantung dengan sektor pariwisata.

"Turis luar negeri rata-rata menghabiskan Rp1 juta per hari. Kalau acaranya dua hari dan turisnya sekitar 2.000 orang, maka sudah menghasilkan Rp2 miliar," ujar Buralimar.

Oleh karenanya, Buralimar berharap pemerintah pusat khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh ketiga agenda wisata olahraga internasional di Provinsi Kepri tersebut guna menggaet wisman.

Ia menyebut untuk Tour De Bintan sendiri, menjadi ajang balapan olahraga terbesar di Asia. Sementara Ironman 70.3 di Bintan, menjadi ajang balap perpaduan renang, sepeda, dan lari terbesar setelah Amerika.

Video viral hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{