Urutan Struktur Teks Laporan Percobaan dan Penjelasannya

Urutan Struktur Teks Laporan Percobaan dan Penjelasannya

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 20 September 2022 - 17:18
share

JAKARTA, celebrities.id - Urutan struktur teks laporan percobaan perlu kamu pahami dalam menuliskan hasil teks laporan yang baik dan benar.

Teks laporan percobaan merupakan tulisan yang berisi tujuan, proses dan hasil kegiatan observasi atau penelitian ilmiah yang dibuat untuk menambah pengetahuan bagi seseorang yang membacanya.

Mari cari tahu lebih detail terkait urutan ulasan berikut ini, sebab celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022) terkait struktur teks laporan percobaan.

Urutan Struktur Teks Laporan Percobaan

Dilansir dari laman resmi Ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, dalam menyusun teks laporan ada berbagai struktur yang membangun teks tersebut, di antaranya judul, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah kegiatan, hasil percobaan dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Judul

Judul dalam struktur teks laporan percobaan berfungsi untuk menyebutkan seluruh rangkaian penelitian yang meliputi, metode, objek penelitian, teori serta simpulan dari suatu karya ilmiah penelitian.

Contoh: Upaya Uji Coba Mensterilkan Air Hujan Menjadi Air Minum, Uji Coba Plastik Bekas Menjadi Bahan Bakar Minyak Kendaraan.

2. Tujuan

Tujuan menjadi struktur teks laporan percobaan kedua selanjutnya. Hal itu dikarenakan bahwa isi dari tujuan teks laporan tersebut dibuat mencakup hasil percobaan.

3. Bahan dan Alat

Struktur teks laporan percobaan ketiga yaitu bahan dan alat. Poin ini menjelaskan terkait kebutuhan bahan dan alat yang diperlukan untuk melakukan percobaan penelitian. Dalam penulisannya bahan dan alat umumnya dijabarkan melalui berbagai poin.

4. Langkah-Langkah Kegiatan

Struktur teks percobaan selanjutnya yaitu terkait langkah-langkah kegiatan selama masa uji coba. Di sini kamu harus menjabarkan secara rinci dan jelas perihal langkah-langkah dalam melakukan penelitian.

5. Hasil Percobaan

Struktur berikutnya dalam membuat teks laporan percobaan yaitu melampirkan hasil laporan percobaan. Hal ini dilakukan sebagai jawaban atas tercapainya suatu penelitian. Meskipun percobaan tersebut berhasil atau gagal, alangkah baiknya kamu tetap harus menjabarkan secara objektif.

6. Kesimpulan

Struktur teks laporan percobaan yang terakhir meliputi kesimpulan. Isi dari poin tersebut menjabarkan pendapat penulis terkait penelitian yang telah dilakukannya.

Topik Menarik