Loading...
Loading…
Survei Marketplace Paling Dipercaya UMKM: Tokopedia dan Shopee

Survei Marketplace Paling Dipercaya UMKM: Tokopedia dan Shopee

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Sindonews | Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:52

JAKARTA Kepercayaan adalah modal utama situs e-dagang atau marketplace . Karena itu, menarik untuk mengetahui e-commerce mana yang paling dipercaya oleh para pedagang/UMKM di Indonesia pada 2022. Dan itu terlihat dari hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digital tSurvey.id milik Telkomsel. Nah, berikut adalah platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM:

1. Tokopedia (76%)2. Shopee (75%)3. Lazada (19%)4. Bukalapak (18%)5. Blibli (14%).

Hasil riset tersebut juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberi pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%). Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%). Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

Dari hasil survei ini terlihat bahwa Tokopedia dan Shopee adalah marketplace yang sama-sama paling banyak dipakai oleh pedagang atau UMKM untuk berjualan. Jaraknya terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan Lazada dan Bukalapak. Adapun Blibli berada di posisi paling bonton karena memang tidak terlalu fokus di UMKM. Melainkan, lebih kepada brand/merek karena mengusung konsep sebagai mal digital dan O2O. Riset pasar ini berbasis pengguna smartphone, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim, ugkap Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang. Survei dilakukan ke 1.000 responden mulai 10 sampai 24 Juni 2022 dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Menurut Alfian, beberapa aspek yang dipersepsikan sebuah platform unggul dibanding kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

(dan)

Original Source

Topik Menarik

{