Loading...
Loading…
Geger Petugas Temukan Uang Rp150 Juta dalam Jeriken Beras Milik Calon Haji

Geger Petugas Temukan Uang Rp150 Juta dalam Jeriken Beras Milik Calon Haji

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Okezone | Kamis, 09 Juni 2022 - 11:29

SURABAYA - Rombongan bus dari kelompok (kloter) 8 dan 9 mulai memasuki Asrama Ha ji Embarkasi Surabaya, Kamis (9/6/2022) sejak pukul 07.00 WIB. Kloter 8 berasal dari Kabupaten dan Kota Kediri, Surabaya dan Trenggalek. Sedangkan kloter 9 berasal dari Tulungagung.

Setibanya di Asrama Haji Sukolilo, koper yang mereka bawa mulai diperiksa oleh petugas melalui x-ray. Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan uang senilai Rp150 juta yang dibungkus rapi dan dimasukkan ke dalam jerigen yang juga diisi dengan beras.

Pemilik koper yang asal Tulungagung mengaku uang tersebut merupakan milik dari 5 orang jamaah yang tergabung dalam satu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram menjelaskan, uang yang berada dalam koper jemaah tersebut kemudian diperiksa lebih lanjut oleh Petugas Bea Cukai PPIH Embarkasi Surabaya.

"Oleh petugas, uang tersebut dihitung, dan total jumlahnya ada Rp150 juta," tutur Maram.

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim ini menjelaskan, berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (BI) Nomor :4/8/PBI/2002 tentang persyaratan dan tata cara membawa uang Rupiah keluar dan masuk wilayah pabean Republik Indonesia, setiap orang yang membawa keluar negeri uang tunai lebih dari Rp100 juta harus mendapatkan izin dari BI.

"Karena jumlah uang tunai yang dibawa jamaah haji kloter 9 ini di atas Rp100 juta, maka tadi oleh petugas dibuatkan surat pengantar untuk bisa membawa uang tersebut ke Arab Saudi," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik

{