10 Peluang Usaha Tanpa Riba yang Menguntungkan, Dijamin Berkah Melimpah!

10 Peluang Usaha Tanpa Riba yang Menguntungkan, Dijamin Berkah Melimpah!

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 12:09
share

IDXChannel Peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan merupakan dambaan bagi banyak orang. Selain keuntungan, sebuah usaha juga harus didasari dengan nilai-nilai keberkahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memulai usaha tanpa melibatkan riba.

Apakah ada peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan? Tentu saja ada. Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan modal yang ada, tanpa melibatkan hutang atau dana pinjaman berbunga dari bank konvensional. Sebab, dalam hukum syariah, hal terpenting yang bisa dilakukan dalam memulai sebuah usaha adalah menghindari riba atau hutang berbunga. Ini tentu akan sangat membantu dan menguntungkan bagi keberlangsungan usaha Anda.

IDXChannel merekomendasikan 10 peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan bagi Anda yang menginginkan usaha yang berkah. Simak ulasannya berikut ini.

10 Daftar Peluang Usaha Tanpa Riba yang Menguntungkan

1. Servis HP

Usaha tanpa riba yang bisa Anda lakukan adalah membuka jasa servis HP. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar karena modal utamanya tentu saja adalah kemampuan Anda. Selain itu, Anda juga membutuhkan peralatan servis yang biaya awalnya relatif terjangkau. Dengan modal yang terjangkau ini, Anda tidak perlu berhutang ataupun riba. Sistem pembayaran pun berupa bayar jasa sehingga tidak melibatkan aspek riba apapun. Jika Anda memiliki kemampuan untuk servis alat elektronik. Anda bisa memulai usaha ini.

2. Servis AC

Seperti halnya servis HP, servis AC juga memiliki peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan. Saat ini banyak rumah dan perkantoran menggunakan AC sehingga jasa servis AC sangat dibutuhkan. Hampir 3 bulan sekali, perlu adanya pemeliharaan sebuah AC baik itu sekadar dibersihkan maupun diservis kerusakannya. Oleh karenanya, usaha servis ini adalah usaha yang tidak ada matinya. Selain peluangnya besar, usaha ini juga tidak melibatkan aspek riba karena modal utama dari usaha ini adalah kemampuan.

3. Usaha Bimbel

Saat ini, peluang usaha bimbingan belajar atau les privat sangat terbuka. Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini, pertemuan tatap muka di sekolah dibatasi dan pembelajaran yang diterima kurang optimal. Hal ini mengakibatkan banyak orangtua yang kemudian mencarikan anaknya guru privat untuk memberikan pelajaran tambahan. Oleh karena itu, usaha bimbel ini sangat berpeluang. Usaha ini merupakan usaha tanpa riba yang bisa Anda lakukan karena yang Anda butuhkan hanyalah kemampuan akademik sesuai dengan mata pelajaran yang ingin dileskan.

4. Wedding Organizer

Meski di masa pandemi perayaan pernikahan dibatasi, namun tidak mengurangi peluang dari bisnis yang timeless ini. Membuka usaha Wedding Organizer atau WO tidak melulu harus dengan modal besar. Anda hanya perlu memiliki kreativitas untuk membuat konsep rangkaian acara sebuah pernikahan. Tentu saja, ini masuk dalam kategori jasa sehingga Anda tidak perlu modal besar dan berhutang yang mengandung riba.

5. Usaha Snack Kemasan

Saat ini, snack kemasan sangat diminati masyarakat. Banyak UKM yang kini membuka usaha jenis ini. Selain tidak memerlukan modal yang besar sehingga Anda tidak perlu berhutang dan riba, pasar dari usaha ini juga luas.

6. Usaha Laundry

Usaha laundry menjadi salah satu peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan. Usaha ini tidak pernah sepi peminat meskipun banyak rumah tangga telah memiliki mesin cuci masing-masing di rumahnya. Bisa dikatakan usaha laundry kiloan ini adalah usaha yang tidak ada matinya.

7. Usaha Kuliner

Jika Anda ingin berusaha tanpa riba, Anda juga bisa memulai usaha kuliner kecil-kecilan seperti berjualan bubur ayam atau berjualan nasi goreng. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga Anda tidak perlu meminjam dan berhutang yang mendatangkan riba.

8. Usaha Fotocopy

Selain usaha kuliner, usaha fotocopy juga memiliki pasar yang besar terutama jika Anda membukanya di dekat sekolah, kampus, maupun perkantoran. Anda bisa memulainya dengan satu mesin fotocopy yang sesuai dengan budget yang Anda miliki sehingga Anda tidak perlu berhutang ke bank.

9. Buka Jasa MUA

Bagi Anda yang memiliki kemampuan make up yang baik, Anda bisa mempertimbangkan membuka jasa MUA untuk pernikahan maupun acara wisuda. Anda bisa memulainya dari lingkup lingkungan Anda dan mempromosikannya di sosial media. Tidak perlu modal besar dan riba, Anda hanya perlu kemampuan MUA yang baik.

10. Jual Beli Pulsa dan Paket data

Saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan penting bagi banyak orang. Oleh karenanya, menjual pulsa dan paket data memiliki peluang yang besar. Meski keuntungan yang didapatkan relatif sedikit, namun jika konsisten Anda bisa mengumpulkan keuntungan tersebut menjadi banyak. Usaha ini sangat bisa Anda lakukan tanpa harus berhutang ke bank dan melibatkan riba.

Konsep Peluang Usaha Tanpa Riba yang Menguntungkan dalam Islam

Dari akar katanya, riba berasal dari bahasa Arab yang berarti tambahan atau kelebihan. Istilah ini secara khusus merujuk pada kelebihan pembayaran hutang baik yang disyaratkan oleh pemberi hutang maupun yang tidak.

Dalam Islam, riba sangat diharamkan, karena dapat menimbulkan kesusahan pembayaran kredit bagi peminjamnya. Peringatan tentang keharaman riba disampaikan beberapa kali dalam Al-Quran, misalnya di Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 278 dan Al-Imran ayat 130.

Kredit konvensional dianggap merupakan bagian dari riba. Meski demikian, para ilmuwan Islam masih mengalami perbedaan pendapat. Sebagian besar pinjaman modal usaha syariah memilih jalur kehati-hatian, yaitu dengan tidak menggunakan sistem bunga sama sekali (tanpa riba) karena perdebatan hukum ini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa riba antara lain sebagai berikut.

Itulah peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan dari IDXChannel yang bisa Anda lakukan. Memulai usaha tanpa riba bisa dilakukan dengan komitmen dan keyakinan yang tinggi bahwa semakin berkah usaha Anda akan semakin melimpah rezeki yang Anda terima. Selamat mencoba!

Topik Menarik