Loading...
Loading…
Pimpin Rapat Pleno KNEKS 2022, Wapres: Wujudkan RI Produsen Halal Dunia Tahun 2024

Pimpin Rapat Pleno KNEKS 2022, Wapres: Wujudkan RI Produsen Halal Dunia Tahun 2024

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Senin, 30 Mei 2022 - 11:15

IDXChannel - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin didaulat untuk membuka memimpin Rapat Pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Pada sambutan, dia meminta agar semua pihak bergerak lebih cepat untuk mewujudkan Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia.

Syukur alhamdulilah KNEKS dapat menyelenggarakan rapat Pleno yang kedua. Pada rapat sebelumnya 30 November 2021, ungkap Wapres saat membuka Rapat Pleno KNEKS di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Senin (30/5/2022).

Wapres pun meminta agar program kerja KENKS segera terealisasi atau netes. Saya memberikan arahan agar program kerja KNEKS pdirumuskan lebih konkrit yang lebih kualitatif dan terukur serta dikolaborasikan oleh Kementerian dan Lembaga terkait. Saya juga minta supaya program kerja KNEKS segera terealisasikan atau netes, papar Wapres.

Wapres selaku Ketua Harian KNEKS juga menegaskan semua inisiatif dan fokus capaian mengarah kepada percepatan untuk mewujudkan pusat produsen halal Dunia.

Hari ini kita akan mengevaluasi tindak lanjut paparan tersebut sekaligus memastikan langkah kita kedepan supaya target kita dapat tercapai. Utamanya untuk mewujudkan cita-cita besar Indonesia yaitu sebagai pusat produsen halal Dunia pada 2024, yang waktunya tidak lama lagi kurang lebih dua tahun, ungkap Wapres dalam keterangannya.

Di antaranya terkait pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal.

Rapat tersebut mengangkat tema Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia ini merupakan lanjutan dari Pleno Pertama yang dilaksanakan pada 30 November 2021.

Tema ini diambil dengan pertimbangan bahwa pada rapat sebelumnya sudah dilakukan sinergi dan harmonisasi melalui menyatukan langkah seluruh pihak yang terlibat, sehingga saat ini adalah momen yang tepat untuk bergerak lebih cepat dengan fokus pada waktu dan Program Prioritas.

Dalam rapat ini turut hadir pimpinan dari 26 kementerian/lembaga/instansi Anggota dan non-Anggota KNEKS, serta beberapa pemimpin daerah provinsi di Indonesia.

Pimpinan yang hadir di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, Menteri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan, serta perwakilan Kementerian/Lembaga Anggota dan non-Anggota KNEKS. (TYO)

Original Source

Topik Menarik

{