Bukan Cuma India yang Larang Ekspor Bahan Pangan, Ini Buktinya

Bukan Cuma India yang Larang Ekspor Bahan Pangan, Ini Buktinya

Ekonomi | okezone | Kamis, 19 Mei 2022 - 05:36
share

JAKARTA India melarang ekspor gandum untuk meredam kenaikan harga karena perang Rusia-Ukraina. Perang telah memicu lonjakan besar dalam harga gandum, dengan Rusia dan Ukraina di antara pengekspor komoditas terbesar.

Kedua negara tersebut menyumbang 29% dari ekspor gandum global, menurut Bank Dunia. Harga gandum melonjak sekitar 6% pada hari Senin setelah pengumuman akhir pekan India.

Dengan harga pangan yang sudah tinggi karena gangguan rantai pasokan terkait COVID dan penurunan hasil panen tahun lalu, invasi Rusia datang pada saat yang buruk bagi pasar pangan global, kata Peterson Institute for International Economics (PIIE), Washington D.C.- think tank berbasis, dalam catatan April seperti dilansir dari CNBC, Rabu (18/5/2022).

Rusia dan Ukraina termasuk di antara lima pengekspor global teratas untuk banyak sereal dan biji minyak penting, seperti jelai, bunga matahari dan minyak bunga matahari, serta jagung, menurut PIIE. India tidak sendirian. Selain Rusia dan Ukraina, Mesir, Kazakhstan, Kosovo, dan Serbia juga telah melarang ekspor gandum.

Selain gandum, banyak negara juga telah menerapkan larangan ekspor makanan lainnya karena inflasi global yang melonjak akibat krisis Ukraina. Harga telah melonjak untuk berbagai macam produk makanan lainnya, berkontribusi terhadap kenaikan inflasi di seluruh dunia.

Topik Menarik