Loading...
Loading…
BUMN Distribusikan Minyak Goreng Curah Murah ke 40 Juta Warga Miskin

BUMN Distribusikan Minyak Goreng Curah Murah ke 40 Juta Warga Miskin

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 17 Mei 2022 - 22:16

IDXChannel - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara resmi menugaskan Holding BUMN Pangan atau ID Food untuk dapat mendistribusikan minyak goreng curah bagi masyarakat dengan harga Rp14 ribu per liter. Tak tanggung-tanggung, total masyarakat miskin yang ditargetkan mendapatkan distribusi minyak goreng murah tersebut mencapai 40 juta orang.

Menurut Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, untuk tahap awal ID Food akan melakukan distribusi ke 5.000 titik, dan lalu selanjutnya disusul ke 40 juta masyarakat miskin sesuai target yang telah dibebankan.

"Distribusi ini targetnya sampai ke 40 juta masyarakat miskin. Masyarakat miskin ini bisa membeli 1-2 liter minyak goreng curah per hari," ungkap Arya, saat ditemui wartawan di kawasan Sarinah, Selasa (17/5/2022).

Arya mencatat, pemerintah sudah meminta BUMN Pangan yang menangani distribusi minyak goreng curah dengan harga Rp14.000 per liter. Holding BUMN Pangan ini juga akan melibatkan pengecer minyak goreng karena para pengecer ini memiliki jaringan yang cukup banyak.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN 1 Pahala N Mansury meninjau langsung ketersediaan dan harga minyak goreng sesuai HET atau Rp 14.000 di pasar tradisional dan mitra Warung Pangan. Tinjauan ini dijadikan pilot project distribusi minyak goreng curah di DKI.

Baca Juga :
Sasar Warga Miskin, BUMN Distribusikan Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu per Liter

Menurut Pahala, pada Mei 2022 ini target adalah 5.000 titik lokasi secara nasional, yang merupakan sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian terkait lainnya serta para supplier industri minyak goreng di Indonesia.

Pahala juga menyampaikan harapannya, agar ID Food Grup terus melakukan penyesuaian atas aplikasi Warung Pangan PPI untuk memastikan pendistribusian minyak goreng serta monitoring keterjangkauan harga minyak goreng sampai ke tingkat konsumen yang dapat diakses secara online.

Saat ini, Mitra Warung Pangan PPI sebanyak 69.000 yang tersebar di lebih dari 27 kota di Indonesia. Jaringan distribusi warung pangan ini yang akan terus dikembangkan oleh PPI sebagai Langkah strategis lainnya dalam menjalankan program pemerintah, khususnya minyak goreng dan secara umum ketersediaan dan keterjangkauan pangan di masyarakat.

Target Pilot project distribusi minyak goreng curah harga Rp.14.000/liter akan didistribusikan ke 5.000 titik lokasi yang tersebar seluruh Indonesia sinergi BUMN dan Kementerian Perdagangan, Kementerian terkait hingga private sector, ungkap Pahala.

Baca Juga :
BUMN Distribusi Minyak Goreng Curah ke 40 Juta Warga Miskin, Harga Dipatok Rp14.000 per Liter

Menurutnya, pilot project ke 5.000 titik ini akan dilaksanakan BUMN Holding Pangan bersama anak usahanya di sektor perdagangan yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan Rajawali Nusindo. (TSA)

Original Source

Topik Menarik