Menkop Undang Aktivis Diskusi Target 1 Juta Pengusaha Baru

Menkop Undang Aktivis Diskusi Target 1 Juta Pengusaha Baru

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 08:17
share

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki berencana segera mengundang dialog para aktivis dan penggiat Non-governmental organization (NGO).

Hal ini menyusul adanya salah pengertian atas pernyataannya beberapa waktu lalu soal melahirkan 1 juta wirausaha baru dari kalangan usaha mikro dan kecil.

Kita tidak boleh membiarkan usaha mikro atau ultra mikro terus membesar dari sisi jumlah, namun mengalami stagnasi dalam pertumbuhan usahanya. Memberdayakan usaha mikro menjadi wirausaha mapan sangat penting menjadi bagian dari kerja aktivis perubahan sosial, guna memperkuat ekonomi rakyat agar struktur ekonomi nasional lebih berkeadilan, jelas Teten dalam keterangan resminya, Senin (16/5/2022).

Faktanya saat ini, jumlah wirausaha Indonesia masih sangat terbatas, yakni baru 3,18%. Jauh tertinggal di bawah Singapura yang sudah di angka 8,76%, Thailand 4,26% dan Malaysia 4,74%. Bahkan, negara-negara maju sudah mencapai 10-12%. Indonesia menargetkan jumlah wirausaha di tahun 2024 sebesar 3,95%.

Topik Menarik