3 Jalan Alternatif Mudik Lebaran 2022, Cek Lokasinya

3 Jalan Alternatif Mudik Lebaran 2022, Cek Lokasinya

Ekonomi | okezone | Jum'at, 29 April 2022 - 16:28
share

JAKARTA - Arus lalu lintas padat saat arus mudik Lebaran 2022. Masyarakat bahkan lebih memilih jalur alternatif selain lajur atau ruas jalan tol utama untuk menghindari macet.

Berdasarkan penulusuran dari berbagai sumber, Jumat (29/4/2022), ada 3 tol baru yang bisa digunakan pemudik sebagai jalur alternatif khususnya bagi pemudik yang berasal dari Jabodetabek.

1.Jalur Jakarta -Cikampek Selatan

Jalur baru tol Jakarta - Cikampek ini akan dioperasikan secara fungsional pada pada periode lebaran. Namun ruas yang beroperasi baru pada ruas Kutanegara - Sadang yang dikhususkan untuk alternatif arus balik lebaran dari arah Timur menuju Jakarta.

Rencananya ruas akan dapat dilintasi sejak pukul 06.00 WIB - 18.00 WIB secara situasional tergantung dari diskresi dari Kepolisian. Nantinya jalur alternatif ini bisa dilalui pemudik dari Sta 62+000 - Sta 53+500 dari tol Cipularang menuju arah Jakarta. Namun hanya mobil kecil yang diperbolehkan menggunakan tol

Sebagai catatan, untuk pemudik yang ingin mengakses tol ini pengguna jalan dapat masuk melalui SS Sadang yang terletak di KM 76 jalan tol Cileunyi - Purwakarta - Padalarang (Cipularang).

Adapun untuk perjalanan menuju Jakarta nantinya masih harus melewati jalur non tol sepanjang 15 - 20 kilometer untuk masuk kembali ke tol Jakarta Cikampek, melalui GT Karawang Timur di KM 54.

2. Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) seksi 2

Adapun tol Cisumdawu yakni Ruas Pamulihan - Sumedang juga akan dioperasikan secara fungsional. Namun pengoperasianya ini tergantung dari diskresi Kepolisian yang sifatnya darurat.

"Akan difungsionalkan atas diskresi dari Kepolisian dalam hal ini Korlantas untuk bersifat emergency, sekiranya dapat digunakan mulai dari pukil 8.00 sampai 17.00 WIB," jelas Triono dalam keterangannya.

Topik Menarik