Loading...
Loading…
Ketagihan ke Luar Angkasa, Miliarder Jared Isaacman Beli 3 Tiket Lagi untuk Meluncur Bareng SpaceX

Ketagihan ke Luar Angkasa, Miliarder Jared Isaacman Beli 3 Tiket Lagi untuk Meluncur Bareng SpaceX

Ekonomi | wartaekonomi | Selasa, 15 Februari 2022 - 10:00

Miliarder pendiri perusahaan pembayaran Shift4, Jared Isaacman, yang ikut terbang dengan penerbangan pribadi SpaceX pertama tahun lalu ketagihan untuk kembali ke luar angkasa. Isaacman telah membeli sebanyak tiga penerbangan lagi dari perusahaan Elon Musk.

Melansir CNBC International di Jakarta, Selasa (15/2/22) misi pertama dalam Program Polaris ini diatur untuk meluncurkan awak empat orang yang dipimpin oleh Isaacman pada kuartal keempat dengan roket Falcon 9 perusahaan dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

Menurut situs web program, penerbangan perdana Polaris Dawn akan menjadi yang pertama dari tiga misi. Adapun misi terakhirnya adalah menjadi penerbangan luar angkasa awak pertama dari roket Starship SpaceX.

"Program Polaris adalah langkah penting dalam memajukan eksplorasi ruang angkasa manusia sambil membantu memecahkan masalah melalui penggunaan teknologi inovatif di Bumi," ujar Isaacman dalam sebuah pernyataan.

Isaacman merupakan salah satu di antara mereka yang menghadiri presentasi Starship dari Musk minggu lalu di fasilitas perusahaan di Texas.

SpaceX telah memesan penerbangan Starship pribadi ke bulan untuk miliarder Jepang Yusaku Maezawa, dan Musk menyinggung bahwa lebih banyak penerbangan luar angkasa seperti itu sedang dikerjakan.

Misi Polaris Dawn akan menghabiskan waktu hingga lima hari di orbit dan berusaha mencapai tujuan seperti perjalanan antariksa perusahaan swasta pertama dengan pakaian luar angkasa SpaceX. Perjalanan antariksa ini juga turut melakukan pengujian komunikasi satelit Starlink di luar angkasa dan melakukan penelitian ilmiah tentang kesehatan manusia.

Khususnya, Polaris Dawn menandai dimulainya korps astronot SpaceX sendiri. Isaacman sebagai komandan misi, akan bergabung dengan rekan lama Scott Poteet sebagai pilot. Dua karyawan SpaceX, Sarah Gillis dan Anna Menon, insinyur operasi ruang angkasa utama perusahaan ikut melengkapi kru. Gillis mengawasi program pelatihan astronot dan Menon mengelola pengembangan operasi krunya.

Isaacman memimpin misi Inspiration4 yang bersejarah dan telah meluncur pada bulan September lalu. Mereka menghabiskan tiga hari di orbit dalam kapsul SpaceX\'s Crew Dragon dengan empat awak.

Tujuan utama Inspiration4 adalah untuk mengumpulkan USD200 juta (Rp2,8 triliun) untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude. Untungnya, hasilnya pun melampaui tujuan itu sehingga berhasil menyumbangkan lebih dari USD240 juta (Rp3,4 triliun) untuk amal. Seperti Inspiration4, misi Polaris akan menggalang dana dan kesadaran untuk St. Jude, menurut situs web program.

Program ini juga berkolaborasi dengan beberapa organisasi, termasuk Translational Research Institute for Space Health (TRISH), BioServe Space Technologies di University of Colorado Boulder, Space Technologies Lab di Embry-Riddle Aeronautical University, Weill Cornell Medicine, Johns Hopkins University Applied Physics Laboratorium, Laboratorium Nasional Pacific Northwest dan Akademi Angkatan Udara AS.

Original Source

Topik Menarik

{
{