Pakai Teknologi Canggih, RI Bebas Truk `Obesitas` Tahun Depan

Pakai Teknologi Canggih, RI Bebas Truk `Obesitas` Tahun Depan

Ekonomi | okezone | Kamis, 27 Januari 2022 - 09:06
share

JAKARTA - Jembatan timbang Kulwaru menggunakan teknologi canggih. Kementerian Perhubungan melakukan penerapan teknologi Weigh in Motion (WIM) untuk mempercepat deteksi muatan truk yang melintas di jalan raya.

Dengan adanya teknologi ini, Kemenhub optimistis, teknologi ini bisa segera menuntaskan permasalahan truk Over Dimension Over Load (ODOL) yang merugikan negara hingga puluhan triliun rupiah.

"Saya bisa katakan, kita tentu optimis WIM ink akan mendukung target bebas ODOL di tahun 2023," ujar Kasubbag Humas Ditjen Perhubungan Darat Pitra Setiawan saat ditemui di UPPKB Kulwaru, Kulon Progo, Rabu (26/1/2022).

Optimisme ini didasari pada manfaat WIM itu sendiri. Pertama, pemasangannya mudah dilakukan. Untuk WIM jenis strip sensors, pemasangannya hanya butuh waktu 1-2 hari.

Lalu, deteksi muatan truk bisa dilakukan hanya dalam beberapa detik, sehingga seluruh truk yang melewati jalan yang dipasang WIM bisa diketahui muatan awalnya. "Jadi ketika lewat itu akan diketahui dan informasinya muncul di control room," katanya.

Topik Menarik