Mantan Bos Bukalapak Resmi Jadi Anak Buah Menko Luhut, Ini Tugasnya

Mantan Bos Bukalapak Resmi Jadi Anak Buah Menko Luhut, Ini Tugasnya

Ekonomi | sindonews | Senin, 3 Januari 2022 - 15:42
share

JAKARTA - Sepekan usai mengundurkan diri sebagai Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin kini resmi berlabuh di pemerintahan dengan menjadi anak buah Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan .

Menko Luhut dalam jumpa pers virtual pada hari ini menyatakan bahwa pria kelahiran 15 April 1979 itu akan berperan sebagai penasihat khusus bidang pengembangan teknologi.

"Hari ini saudara Rachmat Kaimuddin akan bergabung dengan keluarga besar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Technology & Sustainabilty Development Special Advisor yang akan memberikan laporan dan masukannya kepada saya pribadi sebagai Menko Maritim dan Investasi," kata Luhut, Selasa (3/1/2022).

Menurut Luhut, dirinya dan Rachmat sudah membicarakan hal ini sejak beberapa bulan lalu. "Kehadiran Saudara Rachmat disini adalah bentuk komitmen Pemerintah untuk memberikan kebermanfaatan sekaligus mendorong terjadinya transformasi besar utamanya dalam bidang pembangunan dan teknologi Indonesia ke depannya," ucapnya.

Luhut menilai Rachmat memiliki segudang pengalaman dan prestasi di berbagai industri dan sektor, termasuk di bidang teknologi dan sustainable development yang merupakan poin penting dalam mengemban jabatan barunya di Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

"Maka, untuk posisi Technology Sustainability Development merupakan posisi yang penting dan beliau pantas mengemban jabatan ini," tandas Luhut.

Luhut berharap ke depan Rachmat dapat terus berperan dalam upaya mendukung program kerja Kemenko Marves yang telah diamanahkan oleh presiden Jokowi.

"Saya berharap Saudara Rachmat akan dapat memberikan fikiran-fikirannya untuk membuat kita lebih bagus ke depan seperti masalah Kalimantan Utara dan banyak lagi program lain," bebernya.

Sebelum bergabung di pemerintahan, Rachmat Kaimuddin merupakan Direktur Utama di PT. Bukalapak.com Tbk yang berhasil membawa perusahaan ini menjadi unicorn pertama yang melantai di bursa IDX.

Namun, alumnus Stanford Graduate School of Business itu lantas mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Utama Bukalapak pada Selasa (28/12/2021).

"Berdasarkan informasi dari surat pengunduran diri, Rachmat berencana akan melakukan pengabdian negara dengan bekerja untuk pemerintah," ujar VP of Corporate Secretary Bukalapak Perdana Arning Saputro dalam keterangan resmi, Rabu (29/12/2021).

Topik Menarik