Dikenal akan Kepeduliannya, Bluebird Hadirkan Lifecare Taxi untuk yang Membutuhkan Bantuan Ekstra

Dikenal akan Kepeduliannya, Bluebird Hadirkan Lifecare Taxi untuk yang Membutuhkan Bantuan Ekstra

Gaya Hidup | depok.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 13:11
share

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kabar gembira bagi para lansia, penyandang disabilitas, dan orang tua yang membutuhkan bantuan ekstra! Bluebird, perusahaan taksi, baru saja meluncurkan Lifecare Taxi, layanan taksi yang dirancang khusus untuk memberikan akses yang mudah dan nyaman bagi mereka yang membutuhkan.

Lifecare Taxi menggunakan armada MPV ( Multi-purpose Vehicle ) berkabin lega yang dilengkapi dengan fitur-fitur khusus, seperti; kursi penumpang yang dirancang khusus agar mudah naik dan turun secara otomatis, pengemudi yang terlatih untuk membantu penumpang dengan kebutuhan khusus serta ruang yang cukup untuk kursi roda dan alat bantu mobilitas lainnya.

Dengan menggunakan Lifecare Taxi, bisa membantu membuka peluang bagi mereka yang membutuhkan, untuk tetap beraktivitas dan mandiri.

Dalam kesempatan konferensi pers pada Kamis, 25 April 2024 di Kantor Pusat Bluebird, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Noni Purnomo, Board of Advisors PT Blue Bird Tbk dan Koordinator Bluebird Peduli mengatakan, layanan ini sebenarnya sudah diperkenalkan ke publik sejak tahun 2014 atau sepuluh tahun lalu.

"Saat itu, belum ada angkutan umum yang difabel friendly . Saya juga merasakan saat itu, karena anak 3, habis lahiran, pergerakan menjadi terbatas. Tentu sangat memerlukan layanan ini. Saya harap Lifecare Taxi ini bukan hanya untuk difabel saja, tapi juga pasien-pasien RS lainnya. Dari sinilah sehingga kita luaskan lagi inklusivitasnya," kata Noni.

Di Bluebird kami percaya setiap perjalanan punya cerita, dan Lifecare Taxi dapat membuat cerita-cerita tersebut menjadi lebih berarti, lebih manusiawi, dan lebih inklusif bagi semua orang. Dengan mengembangkan Lifecare Taxi, Bluebird berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan aksesibilitas dalam transportasi dan memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama," tambah Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk. Pria yang akrab disapa Andre ini mengatakan, saat ini, Lifecare Taxi sudah tersedia di Jakarta dan Bali.


Ki-ka: Adrianto Djokosoetono-Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo-Board of Advisors PT Blue Bird Tbk dan Koordinator Bluebird Peduli, Prof Dr. Tri Budi W Rahardjo, drg. MS-Kelompok Kerja Kesehatan Lanjut Usia Kemenkes, dan MC. Foto: Novi

Di Jakarta, pengguna bisa memesan Lifecare Taxi dengan menghubungi nomor (021) 7917-1234. Lifecare Taxi juga tersedia di beberapa rumah sakit seperti; RS Pantai Indah Kapuk, RS Fatmawati, RS Dharmais, RS EMC Alam Sutera, dan Siloam Hospitals Semanggi.

Sementara di Bali, pengguna bisa memesan Lifecare Taxi dengan menghubungi nomor 0819-9499-9123. Di Bali, Lifecare Taxi juga tersedia di BIMC Hospital dan Siloam Hospitals.

Adapun tarifnya, Lifecare Taxi ini menggunakan tarif taksi jenis khusus.

Sebagai ilmuwan dan praktisi yang bergerak di bidang kesejahteraan lansia, saya melihat peluang yang cukup besar untuk meningkatkan kepedulian dan layanan profesional bagi lansia. Dengan meningkatnya proporsi lansia yang mengalami disabilitas dari 20 persen di usia 65 tahun menjadi 60 persen di usia 90 tahun, maka layanan Bluebird Lifecare Taxi memberikan harapan bagi mereka untuk tetap beraktivitas sesuai dengan kondisinya, ungkap Prof Dr. Tri Budi W Rahardjo, drg. MS, Guru besar Gerontologi & Penasihat Centre for Family and Ageing Studies (CeFAS) Universitas Respati Indonesia dan anggota Kelompok Kerja Kesehatan Lanjut Usia Kemenkes yang turut menjadi narasumber dalam sesi diskusi.

Topik Menarik