Viral Minta Sedekah Maksa, Emak-emak yang di Sukabumi Akhirnya Diamankan Dinsos Kota Bogor

Viral Minta Sedekah Maksa, Emak-emak yang di Sukabumi Akhirnya Diamankan Dinsos Kota Bogor

Terkini | cilacap.inews.id | Senin, 29 April 2024 - 16:30
share

iNewscilacap.id - Emak-emak yang viral karena memaksa meminta sedekah di daerah Sukabumi, akhirnya diamankan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor. Wanita berinisial R (55) ini sebelumnya sempat muncul di Cianjur dan kembali viral setelah videonya marah-marah kepada warga di wilayah Bogor beredar di media sosial.

Awalnya, R viral di media sosial karena aksinya memaksa meminta sedekah di perumahan wilayah Cibeureum Kota Sukabumi. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @esapperdana dan telah ditonton lebih dari 247 ribu kali.

Tak hanya di Cibeureum, R juga diketahui memaksa meminta sedekah di Kecamatan Baros Kota Sukabumi. Dalam video yang diunggah akun Instagram @sukabumitoday, R terlihat marah-marah dan tidak terima saat warga tidak memberinya uang.

Menanggapi hal tersebut, Petugas Polsek Baros, Polres Sukabumi Kota melakukan pendekatan persuasif terhadap R. Kepada petugas, R mengaku memiliki tekanan batin dari pihak keluarga dan hidup sebatang kara. Hal ini lah yang membuatnya meminta-minta kepada orang lain.

 

"Saya ajak bicara secara persuasif agar lebih tenang. Lalu dibelikan nasi padang dan lain-lain. Kemudian saya antar ke stasiun, karena tiga hari sebelumnya dia berangkat ke Sukabumi naik kereta dari Cipatat," ujar Aiptu Tumijo, Ps Kasium Polsek Baros.

Namun, R kembali viral di media sosial setelah videonya marah-marah kepada warga di wilayah Bogor beredar. Dalam video tersebut, R terlihat memaksa seorang warga untuk memberikannya uang. R bahkan sempat mengancam akan melaporkan warga tersebut ke polisi.

Setelah videonya viral, R akhirnya diamankan oleh Satpol PP dan Dinsos Kota Bogor. Saat ini, R masih berada di Dinsos Kota Bogor untuk mendapatkan pendampingan dan pembinaan.

Kasiops Satpol PP Kota Bogor, Surya Dharma, mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinsos Kota Bogor dan Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat untuk mencari solusi terbaik bagi R.

"Kami akan cari tahu apakah ada keluarga R di Bandung Barat. Jika ada, kami akan koordinasi dengan Dinsos Kabupaten Bandung Barat untuk membantunya kembali ke keluarganya," kata Surya.

Kasus R ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk lebih peduli terhadap sesama. Jika melihat orang yang membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk membantu mereka. Kita juga dapat melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat ada orang yang meminta-minta secara paksa.

Topik Menarik