Liga 3 Nasional 2024 Segera Bergulir, PSGC Ciamis Targetkan Kembali ke Liga 2

Liga 3 Nasional 2024 Segera Bergulir, PSGC Ciamis Targetkan Kembali ke Liga 2

Terkini | ciamisraya.inews.id | Jum'at, 29 Maret 2024 - 07:40
share

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Tahun 2024 ini merupakan tahun ke-4 bagi PSGC Ciamis berada di Liga 3 setelah terdegradasi dari Liga 2.

Padahal saat masih berada di Divisi Utama (Liga 2)  klub kebanggaan warga Tatar Galuh tersebut nyaris  promosi ke Liga 1, kasta tertinggi event sepak bola di tanah air. Namun harapan tersebut kandas, setelah PSGC  kalah 0-1 pada laga penentuan lawan Borneo FC.

“Dulu saat manajernya masih Sekda (Ciamis), PSGC hampir promosi ke Liga 1. Tapi ketika manajernya sudah menjadi Bupati (Ciamis), PSGC malah degradasi ke Liga 3,” ungkap  Bupati Ciamis sekaligus manajer/CEO PSGC Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya MM saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus PSSI Askab Ciamis di Aula KONI Ciamis, Kamis (28/3/2024).

Ironi tersebut diungkapkan terus terang oleh Bupati Herdiat dihadapan para pengurus sepak bola PSSI Askab Ciamis yang diketuai oleh H Asep Dedi Herdiana hasil  KLB PSSI Askab Ciamis Desember lalu dan dilantik dikukuhkan, Kamis (28/3/2024) siang tersebut.

Pengurus klub dan sepak bola menurut Herdiat bukanlah suatu hal yang gampang. Perlu perhatian serius, yang menguras tenaga, pikiran dan tentunya juga finansial.

“Untuk satu musim Liga di Liga 2 butuh anggaran paling tidak Rp4 miliar sampai Rp5 miliar. Sementara di Liga 3, minimal 2 sampai 3 miliar,” jelasnya.

Meskipun demikian, Herdiat optimis sepak bola di Ciamis akan terus berkembang dan maju.

 

“Tidak ada hal yang tidak mungkin, asal ada keinginan yang kuat dan sungguh-sungguh semua pasti bisa,” ujar Herdiat optimis.

Dan itu perlu kerjasama dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah dan pengusaha saja tetapi juga dukungan penuh dari pencinta sepak bola.

Pada Porprov Jabar di Bekasi tahun 2018, Tim Sepak Bola Ciamis meraih peringkat runner up (juara 2). Sedangkan pada Porprov 2022 di Ciamis,  tim sepak bola Ciamis  keluar sebagai juara 3.

“Mudah-mudahan pada Porprov Jabar tahun 2026, tim sepak bola Ciamis jadi juara,” harap Herdiat.

Dalam waktu dekat menurut Bupati Herdiat, Liga 3 Nasional segera bergulir dengan kick off tanggal 29 April 2024. Ciamis sebagai tuan rumah Grup G.

“Target PSGC sudah jelas, promosi kembali ke Liga 2. Mohon dukungan dan doa dari masyarakat Tatar Galuh Ciamis,” imbuhnya.

Targetnya tidak hanya kembali promosi ke Liga 2, namun Bupati Herdiat mengekspresikan keinginannya, suatu saat PSGC Ciamis  naik kasta ke level tertinggi sepak bola di tanah air. Yakni bertarung di Liga 1.

Topik Menarik