Pentingnya Pengembangan Kawasan Bantaran Sungai untuk Destinasi Wisata, Seperti Kali Pepe Land

Pentingnya Pengembangan Kawasan Bantaran Sungai untuk Destinasi Wisata, Seperti Kali Pepe Land

Travel | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 09:45
share

SOLO, iNewsMuria.id - Dikelilingi banyak sungai, salah satunya Bengawan Solo dipandang sebagai potensi tersendiri bagi wilayah Solo raya, terutama dari sektor wisata.

Sebab kawasan-kawasan di sepanjang aliran sungai, saat bisa dikelola dengan baik, bisa berubah menjadi sebuah destinasi wisata yang bisa meningkatkan PAD.

Hal ini diungkapkan oleh anggota DPRD Kota Surakarta, Muhammad Al Amin dalam sebuah perbincangan santai dengan awak media beberapa waktu lalu.

Amin mengungkapkan hal ini setelah dia merasakan sebuah pengalaman berwisata di wilayah Putrajaya Malaysia beberapa tahun lalu.

Di mana saat itu dia bersama rombongan sesama penghobi sepeda dibawa ke sebuah kawasan yang berada di sepanjang aliran sungai yang indah dan bersih.

Di tempat tersebut rombongan Amin bersepeda menyusuri jalanan berkelok di sepanjang aliran sungai, sambil sesekali berhenti di taman-taman indah, yang diciptakan di beberapa titik kawasan tersebut.


Muhammad Al Amin

Saat itu kita bersepeda bersama rombongan menyusuri tack yang dibuat dengan berbagai tantangan. lalu sesekali berhenti di sebuah taman yang indah. Makanya kemudian saya berpikir untuk menawarkan konsep wisata seperti itu, untuk pengembangan destinasi wisata di Solo raya. Karena di sini kan banyak sungai termasuk Bengawan Solo, ujarnya.

Amin pun sempat melontarkan gagasannya dalam rapat Komisi IV di mana dia bernaung. Hanya saja sampai saat ini, gagasan politisi Partai Amanat Nasional ini belum benar-benar terealisasi.

Di Kota Solo sendiri sudah sempat berdiri Taman Sunan Jogo Kali yang memanfaatkan bantaran Sungai bengawan Solo di wilayah Pucang Sawit. Namun destinasi wisata ini hanya terbatas untuk pejalan kaki, dan lebih banyak dihiasi dengan shelter-shelter pedagang.

Konsep yang lebih mirip dengan gagasan Amin adalah Kali Pepe Land yang berada di kawasan Gagak Sipat, Kabupaten Boyolali.

Sebab di obyek wisata Kali Pepe Land tersedia track untuk bersepeda, yang bisa mengantarkan pengunjung menikmati keindahan kawasan yang berada di bantaran kali Pepe ini.

Yang saya tawarkan dalam rapat komisi itu adalah konsep wisata yang memanfaatkan kawasan di sepanjang aliran sungai atau air. Yang di dalamnya tersedia berbagai fasilitas lengkap. Jadi di sana pengunjung bisa jalan-jalan ataupun bersepeda untuk menikmati indahnya kawasan itu. Dan saya dengar di Kali Pepe Land semua tersedia. Tentunya itu sangat bagus, jelasnya.

Bagi Amin, diperlukan sinergi antar berbagai instansi yang berkaitan dengan pengembangan kawasan bantaran sungai, agar tidak sampai terjadi benturan kepentingan.

Tentunya masing-masing pihak harus saling bersinergi dan koordinasi, agar tidak sampai terjadi benturan kepentingan yang bisa menghambat pengembangan kawasan itu. Jangan samapi tempatnya sudah dibangun, tiba-tiba di tengah jalan ada yang mempermasalahkan. Jadi semua pihak haus duduk bersama untuk memikirkan kepentingan yang lebih besar, tandasnya. (*)

Topik Menarik