Ini Dia 7 Drone Canggih di Dunia

Ini Dia 7 Drone Canggih di Dunia

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 27 Mei 2023 - 03:39
share

KOTANOPAN, iNews.id - Inilah sederet drone militer tercanggih di dunia yang bisa menambah wawasan anda. Drone dinilai sangat efisien dalam pertempuran karena mampu melakukan berbagai fungsi yang bisa dikendalikan secara jarak jauh.

Hal itu membuat banyak Negara berlomba-lomba mengembangkan drone militer yang canggih.

Berikut tujuh drone militer tercanggih di dunia, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

7 Drone Militer Tercanggih Di Dunia

1. CAIG GJ-2

CAIG GJ-2 adalah Drone yang dirancang oleh Aviation Industry Corporation of China yang punya spesifikasi super canggih di kelasnya. Pesawat tanpa awak ini sudah membuktikan kekuatannya di konflik Timur Tengah.

Kelebihannya adalah drone ini bisa mengangkut sampai 480 kilogram (kg) atau mampu membawa hingga 12 bom atau rudal dengan laser atau beban seberat 200 kg! Selain itu drone yang dikenal dengan sebutan Wing Loong ini juga mampu mengudara selama 32 jam non-stop dengan ketinggian mencapai 32 ribu kaki atau sekitar 9753 Meter.

2. XQ-58A

Bicara soal militer tentu tidak dapat menafikkan negara Amerika Serikat sebagai polisi dunia, dimana Negeri Paman Sam itu punya sejumlah drone yang termasuk paling canggih di dunia.

Salah satunya adalah pesawat XQ-58A ini. Drone tempur ini dirancang khusus untuk teknologi Artificial Intelligence atau AI.

Tak heran pesawat XQ-58A sering digunakan untuk pengintaian hingga tumbal yakni dengan menjadi perisai bagi pesawat ber-awak

3. General Atomic

Avengers Pecinta film superhero tentu tidak asing dengan kelompok pahlawan manusia super bernama Avengers yang menjadi penyelamat bumi.

Namun dunia teknologi dan militer juga mengenal salah satu drone bernama General Atomic Avengers yang super canggih! Kecanggihannya mulai dari sistem penargetan yang telah dilengkapi teknologi elektro-optik seperti pesawat tempur ber-awak F-35.

Drone ini juga bisa membawa beban hingga tiga ton hingga dapat terbang hingga ketinggian 50 ribu kaki atau sebesar 15 ribu meter!

4. MQ-9 Reaper

Tidak hanya canggih, drone ini juga menjadi salah satu pesawat tanpa awak mematikan milik Amerika Serikat yang sudah punya reputasi tinggi di dunia militer dengan kecanggihan teknologinya.

MQ-9 Reaper diperkuat dengan radar yang canggih serta dipersenjatai Rudal Hellfire serta bom berpemandu laser yang mampu menghasilkan serangan gabungan. Dengan kemampuan terbang hingga 50 ribu kaki, tak heran jika drone ini begitu ditakuti!

5. S-70 Okhotnik

Negara yang saat ini sedang menjadi sorotan karena invasi ke Ukraina adalah pemilik dari drone militer tercanggih di dunia lainnya ini.
Ya, Rusia mengembangkan sebuah pesawat tanpa awak yang sangat mengerikan karena punya spesifikasi siluman!

Sukhoi S-70 Okhotnik ini sudah membawa pengembangan teknologi tempur generasi ke 6 atau paling mutakhir.

6. WingLoong II

Wing Loong II adalah produk UAV Cina dari industri Chengdu yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengintaian udara dan platform serangan yang tepat versi ekspor drone Cina. Ini telah membuktikan dirinya dalam beberapa konflik timur tengah di tangan UEA.

Sementara Pakistan dan Mesir juga telah membeli lusinan dari mereka yang dapat membawa hingga 200 kilogram bom dipandu laser dan mampu persenjataan udara ke udara.

Menurut pabrikan daya tahannya sekitar 32 jam sayap paru-paru 2 memiliki jangkauan 4.000 kilometer dan dapat menempuh kecepatan maksimum 370 kilometer per jam.

7. Eads Barracuda

Eads Barracuda adalah UAV bertenaga jet yang ditujukan untuk peran pengintaian udara dan pertempuran. Pesawat ini merupakan usaha patungan antara Jerman dan Spanyol.

Ini lebih merupakan pesawat tempur daripada apa pun yang dirancang untuk membawa 300 kilogram amunisi presisi di teluk internalnya.

Drone ini siap untuk dikirim pada saat itu juga sebelum musuh dapat mendeteksi penyusup barakuda sedikit diketahui setelah penerbangan perdananya pada tahun 2006.

Sementara proyek mungkin telah ditangguhkan itu tidak diragukan lagi drone tempur Eropa pertama dari jenisnya. Daya tahannya sekitar 17 jam dan dapat menempuh kecepatan maksimum lebih dari seribu kilometer per jam.

Itulah drone militer tercanggih di dunia yang bisa menambah wawasan anda mengenai perkembangan teknologi di dunia militer.

Topik Menarik