Jepara Dijuluki Kota Ukir Dunia, Sejak SD Ada Lomba Seni Ukir

Jepara Dijuluki Kota Ukir Dunia, Sejak SD Ada Lomba Seni Ukir

Berita Utama | okezone | Selasa, 23 April 2024 - 12:09
share

JAKARTA Jepara sudah terkenal menjadi kota ukir sejak Zaman Brawijaya hingga kini. Kebudayaan tersebut terus dilestarikan oleh warga setempat.

Dilansir dari akun tiktok @muhammadsaifudin053, Selasa (23/4/2024) memperlihatkan suasana festival dan seni ukir siswa tingkat Sekolah Dasar. Dalam video tersebut, terlihat para siswa dengan mahir mengukir kayu-kayu yang diberikan.

Festival seni ukir tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh masyarakat Jepara untuk melestarikan kebudayaan mereka. Seni ukir di Jepara telah melegenda sejak zaman Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit yang diceritakan secara turun temurun.

Saking kuatnya legenda tersebut, membuat masyarakatnya yakin jika kota ini terkenal akan ukirannya dan para pengukirnya begitu mahir membuat karya seni tiga dimensi ini.

Konon seorang pelukis dan pengukir yang handal bernama Prabangkara, dipanggil oleh Raja Brawijaya untuk melukis istrinya dalam keadaan tanpa busana sebagai wujud cinta sang raja. Sebagai pelukis, ia pun menuruti perintah sang Raja melalui imajinasinya tanpa boleh melihat permaisuri dalam keadaan tanpa busana.

Sebagai ahli, Prabangkara melakukan tugasnya dengan sempurna hingga kotoran seekor cicak jatuh mengenai lukisan itu sehingga lukisan permaisuri mempunyai tahi lalat.

Raja yang mulanya sangat puas menjadi marah dan menuduhnya melihat permaisuri tanpa busana karena lokasi tahi lalatnya persis dengan kenyataannya.

Prabangkara pun dihukum dengan diikat di layang-layang, diterbangkan, dan jatuh di Belakang Gunung yang kini bernama Mulyoharjo. Ia kemudian mengajarkan ilmu ukir kepada warga Jepara dan kemahiran ukir tersebut bertahan hingga sekarang.

Topik Menarik