Sumardji Murka Timnas Indonesia Dikerjain Wasit di Piala Asia U-23 2024: Tidak Profesional, Sangat Merugikan

Sumardji Murka Timnas Indonesia Dikerjain Wasit di Piala Asia U-23 2024: Tidak Profesional, Sangat Merugikan

Berita Utama | inews | Selasa, 16 April 2024 - 14:05
share

DOHA, iNews.id- Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji murka melihat kinerja wasit Nasrullo Kabirov saat memimpin laga Timnas Indonesia melawan Qatar yang berkesudahan dengan skor 0-2. Pertemuan kedua tim itu dalam fase Grup A Piala Asia U-23 2204 yang berlangsung di Jassim Bin Hammad Stadium, Senin (15/4/2024).

Sumardji mengatakan wasit dalam laga itu terlihat jelas memihak ke Qatar. Hal itu ditandai dengan berbagai keputusan kontroversial yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

"Wasit yang menjalankan tugas semalam, itu adalah wasit yang tidak profesional. Tidak bisa jalankan tugas dengan baik, dan kecenderungannya melihat sangat mencolok ke tuan rumah, alias Qatar," kata Sumardji kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (16/4/2024).

"Ini preseden buruk di afc kalau dibiarkan. Kami (PSSI) sudah ajukan protes keras ke AFC agar wasit yang memimpin laga diberikan sanksi, Ada beberapa keputusan kontroversi kecenderungannya di dibuat mengada-ngada, sepertinya sudah ada pesan sponsor. Pesannya penalti dan kartu merah," tambahnya.

Pria berkacamata itu mengatakan federasi sepak bola Asia (AFC) harus berbenah diri dengan adanya kejadian tersebut. Hal itu agar ke depan tidak terulang dan malah merusak citra sepak bola Asia.

"Ini sangat mengkhawatirkan kalau orang seperti ini masih diberikan kepercayaan dari AFC untuk memimpin laga dalam turnamen sebesar ini, Piala Asia," ucapnya.

Sumardji mengatakan Timnas Indonesia U-23 memang sangat dirugikan dalam laga itu. Hal itu membuat seluruh elemen sepak bola tanah air pastinya kecewa berat.

"Ini sangat mengecewakan, betul merugikan timnas," ujarnya.

Topik Menarik