Ukraina Hantam 2 Kapal Pendarat Rusia di Krimea, Kondisi Kapal Hancur

Ukraina Hantam 2 Kapal Pendarat Rusia di Krimea, Kondisi Kapal Hancur

Berita Utama | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 13:45
share

UKRAINA Ukraina mengatakan pihaknya telah menyerang dua kapal pendarat, sebuah pusat komunikasi dan infrastruktur lain yang digunakan oleh armada Laut Hitam Rusia di lepas pantai Krimea yang dianeksasi.

Pengumuman staf umum Ukraina mengatakan kapal Yamal dan Azov telah hancur.

Gubernur pelabuhan Sevastopol yang dilantik Rusia mengatakan 10 rudal Ukraina telah ditembak jatuh.

Rusia juga melancarkan serangan rudal dan drone ke ibu kota, Kyiv, dan wilayah Lviv pada Minggu (24/3/2024) pagi.

Dalam pengumumannya, Mikhail Razvozhayev, Wali Kota Sevastopol yang ditunjuk Rusia, mengatakan kerusakan telah terjadi pada bangunan tempat tinggal dan infrastruktur transportasi akibat serangan besar-besaran tersebut.

Dia meminta warga untuk tidak mempublikasikan informasi atau gambar apapun.

Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps memuji serangan terhadap kapal-kapal Rusia dan menyebutnya sebagai momen bersejarah bagi Ukraina.

Dalam bahasa sederhananya, ini berarti Putin tidak bisa lagi melakukan latihan dengan aman di Laut Hitam, meskipun Armada Rusia telah beroperasi di sana sejak tahun 1783, terangnya.

Ia menambahkan bahwa dunia tidak mampu membiarkan Ukraina kalah dalam perang ini, dan bahwa dukungan Inggris terhadap Kyiv dalam menghadapi serangan Rusia akan tetap tidak berkurang.

BBC belum dapat memverifikasi klaim Ukraina bahwa mereka telah merusak kapal pendarat Rusia, yang digunakan untuk mendaratkan pasukan dan peralatan langsung ke pantai tanpa memerlukan dermaga atau dermaga.

Topik Menarik