Cara Cek Status Pendataan non-ASN, Persiapan Mengikuti Seleksi CASN 2024

Cara Cek Status Pendataan non-ASN, Persiapan Mengikuti Seleksi CASN 2024

Berita Utama | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 01:45
share

JAKARTA, iNews.id - Cara cek status pendataan non-ASN menjadi informasi yang perlu diketahui. Tenaga non-ASN yang dimaksud terdiri dari Tenaga Honorer (THK-II), termasuk guru dan nakes.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa data non-ASN sudah terdapat dalam Database Nasional Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan begitu, tenaga honorer dapat mengikuti seleksi CASN yang akan dibuka pada Mei 2024.

Keikut sertaan tenaga honorer pada seleksi CASN 2024 tersebut menjadi tindak lanjut berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK yang mewajibkan status kepegawaian di lingkungan Instansi Pemerintah terdiri dari dua jenis kepegawaian, yakni PNS dan PPPK sampai 28 November 2023.

Lantas, bagaimana cara mengecek status pendataan non-ASN? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Status Pendataan non-ASN

Mengutip dari akun Instagram BKN, Rabu (20/3/2024), pengecekan data non-ASN dapat dilakukan di unit pengelola kepegawaian tempat bekerja saat ini (Biro SDM/BKD/BKPSDM). Pasalnya, kewenangan pendataan non-ASN berada pada instansi masing-masing.

Hal ini sesuai dengan Surat MenPAN-RB B/1511/M.SM.01.00/2022 tentang Pendataan Tenaga Non-ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sementara untuk pegawai non-ASN baru yang bekerja di instansi pemerintahan sudah tidak dapat melakukan pendataan lantaran pendataan non-ASN telah dilakukan pada Oktober 2022. BKN juga belum bisa memastikan adanya kebijakan terbaru mengenai waktu pendataan kembali.

Lebih lanjut, data tersebut dikatakan oleh BKN sudah terkunci, sehingga tidak bisa dilakukan penambahan data non-ASN kembali.

Itulah cara cek status pendataan non-ASN. Semoga artikel bermanfaat.

Topik Menarik