KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Berita Utama | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 07:00
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil penetapan Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024) hari ini. Empat provinsi terakhir yang melakukan rekapitulasi yakni Jawa Barat, Maluku, Papua, dan Papua Pegunungan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan pengumuman rekapitulasi disampaikan sesuai jadwal.

"Masih sesuai rencana sesuai dengan Undang-Undang 35 hari setelah pemilu kita umumkan, berarti jatuh pada tanggal 20 Maret," kata Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

KPU terus bekerja agar perhitungan tepat waktu. Pemerintah terus mendorong KPU agar rekapitulasi tidak terkendala.

"KPU terus berupaya untuk tepat waktu tanggal 20, tentunya upaya upaya untuk menghadapi kendala-kendala itu KPU sudah memiliki cara," katanya.

Sementara itu, Polri telah menyiagakan personelnya untuk mengamankan rekapitulasi. Karopenmas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut jumlah personel yang disiagakan ialah 4.992 personel.

Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri gabungan juga dengan stakeholder dan juga terdiri dari Satgasus atau pusat Mabes dan Satgas Daerah yaitu Polda Metro, kata Trunoyudo, Senin (18/3/2024).

Topik Menarik