Potensi Cuaca Ekstrem saat Mudik Lebaran 5-11 April, BMKG Upayakan Modifikasi Cuaca

Potensi Cuaca Ekstrem saat Mudik Lebaran 5-11 April, BMKG Upayakan Modifikasi Cuaca

Berita Utama | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 05:10
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi saat mudik lebaran pada 5-11 April 2024. BMKG bersama sejumlah lembaga lain mengupayakan operasi teknologi mofidikasi cuaca (TMC) untuk mengatasi cuaca ekstrem tersebut.

"Untuk cuaca ekstrem, kami prediksi tanggal 5 sampai 11, itu masih hujan sedang hingga lebat," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Senin (18/3/2024).

Dia mengatakan, cuaca ekstrem dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti Madden Julian Oscillation (MJO) hingga bibit siklon tropis dan Siklon Tropis Megan. Dia berharap sejumlah faktor itu berakhir beberapa hari ke depan.

"Memang saat ini masih ada aktivitas MJO, daerah konvergensi antar-tropik, bibit siklon tropis, dan Siklon Tropis Megan. Harapannya, ke depan itu sudah selesai," kata Guswanto.

Dia memastikan BMKG bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan TNI AU terus melakukan operasi TMC untuk mengatasi cuaca ekstrem.

"Saat ini sudah dilakukan teknologi modifikasi cuaca dan digalakkan dari teman-teman PUPR untuk memperketat tanggul sungai supaya tidak jebol lagi," ujar Guswanto.

Topik Menarik