10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Berita Utama | sindonews | Selasa, 19 Maret 2024 - 19:19
share

Di antara Angkatan Darat, Angkatan Laut, Penjaga Pantai, Marinir, Angkatan Udara, dan Angkatan Luar Angkasa, Amerika Serikat tidak hanya memiliki brigade angkatan bersenjata terkuat di dunia, tetapi juga merupakan tempat bagi salah satu brigade angkatan bersenjata terbesar.

Hanya ada segelintir negara yang kekuatan tempurnya melebihi 1 juta, dan Amerika Serikat adalah salah satunya, yang ditempatkan di negara-negara di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan, Afghanistan, Jepang, Italia, Jerman, dan Arab Saudi.

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

1. Fort Bragg

Foto/Reuters

Melansir omnimilitaryloans, Berbasis di Carolina Utara dan tepat di sebelah barat kota Fayetteville, Fort Bragg bukan hanya pangkalan Angkatan Darat terbesar dalam hal populasi secara keseluruhan, tetapi juga merupakan pangkalan militer terbesar secara keseluruhan, jika mencakup kelima cabang militer.

Menjadi tuan rumah Divisi Lintas Udara Angkatan Darat Amerika Serikat ke-82, Fort Bragg adalah rumah kedua bagi 57.000 personel militer, 11.000 pegawai sipil, dan 23.000 anggota keluarga militer, menurut data di situs resmi benteng. Angka perkiraan itu 57.000 menjadikan Fort Bragg sebagai rumah bagi sekitar 10 dari seluruh pasukan Angkatan Darat. Tidak mengherankan mengapa Fort Bragg digambarkan sebagai pusat dunia militer. Dari sudut pandang jumlah orang yang dapat didukung oleh benteng tersebut, Fort Bragg mampu menampung 260.000 orang secara keseluruhan.

Dalam hal luas daratan secara keseluruhan, Fort Bragg juga tidak mudah dikalahkan. Instalasi ini mencakup sekitar 500 mil persegi, yang setara dengan 163.000 hektar. Hampir 90 dari total lahan tersebut 146.000 hektar didedikasikan untuk pelatihan. Tentara telah menggunakan pangkalan tersebut untuk memperoleh keahlian yang diperlukan untuk digunakan di medan perang, yang selama bertahun-tahun mencakup Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Vietnam dan berbagai misi lainnya, seperti Operation Enduring Freedom, Iraqi Freedom, dan New Dawn.

2. Fort Campbell

Foto/Reuters

Terletak tepat di perbatasan bersama antara Kentucky dan Tennessee adalah Fort Campbell. Didirikan pada tahun 1941 dan dinamai Brigade Jenderal Angkatan Darat William Bowen Campbell, instalasi ini juga kaya akan sejarah dan merupakan markas Divisi Lintas Udara Angkatan Darat ke-101.

Selama bertahun-tahun, populasinya tumbuh dengan pesat. Berdasarkan angka terbaru yang tersedia dari situs Instalasi Militer, Fort Campbell memiliki populasi militer aktif sebanyak 26.587 tentara dan hampir dua kali lipat jumlah anggota keluarga secara keseluruhan (50.812). Jumlah warga sipil sekitar 6.500 dan pensiunan militer berjumlah 70.445.

Mampu mendukung lebih dari 249.580 orang, Fort Campbell adalah pangkalan militer terbesar kedua di dunia. Namun, diperkirakan dua pertiga tentara yang ditugaskan tinggal di luar lokasi di wilayah tetangga, seperti Christian County di Kentucky dan Stewart County di Volunteer State. Pada titik tertentu, Fort Campbell memiliki potensi untuk menyalip Fort Bragg dalam hal populasi.

3. Fort Hood

Foto/Reuters

Dibangun satu tahun setelah Fort Campbell, Fort Hood terletak di Killeen, Texas, kira-kira 60 mil di utara Austin. Fort Hood mencakup wilayah yang luas dan sebenarnya lebih besar dari Fort Bragg, dengan luas sekitar 214,968 hektar. Itu setara dengan 340 mil persegi. Jejaknya sangat besar sehingga melintasi dua kabupaten (Bell County dan Coryell County). Ini juga merupakan satu-satunya pos di Amerika Serikat yang dapat menempatkan dan melatih dua divisi lapis baja penuh.

Sebelumnya, ada total 36.329 anggota militer yang tinggal di sini. Ini akan menempatkannya di posisi kedua, di belakang Fort Bragg. Namun secara keseluruhan populasi, anggota militer, keluarga, dan warga sipil Fort Hood melebihi 500.000 orang, menjadikannya pangkalan militer terbesar dalam hal kapasitasnya.

4. Lewis-McChord Joint Base

Markas Korps I dan Sayap Pengangkutan Udara ke-62, Pangkalan Gabungan Lewis-McChord adalah salah satu instalasi terbaru di Amerika Serikat, yang menggabungkan Fort Lewis dan McChord pada bulan Oktober 2010. Pangkalan Angkatan Udara Fort Lewis dan McChord telah ada selama beberapa waktu, namun, didirikan masing-masing pada tahun 1917 dan 1947.

Konsolidasi instalasi-instalasi ini memungkinkan lebih banyak orang untuk tinggal di tempat yang disebut sebagai instalasi militer utama Departemen Pertahanan di Pantai Barat. Menurut situs webnya, 40.000 anggota dinas aktif, 60.000 anggota keluarga dan 15.000 pegawai sipil dan kontrak tinggal di Lewis-McChord, yang secara keseluruhan melebihi enam angka. Dari segi luas, Lewis-McChord sebenarnya lebih besar daripada Fort Bragg dengan luas 647 mil persegi. Bagian terbesar dari area tersebut ditempati oleh Pusat Pelatihan Yakima.

5. Fort Moore

Fort Moore adalah instalasi lain yang terletak di lebih dari satu negara bagian, berkat ukurannya yang sangat besar yaitu 182.000+ hektar. Meskipun alamat fisik benteng berada di Georgia, wilayahnya meluas hingga Alabama. Sama seperti instalasi yang disebutkan di atas, ini adalah pangkalan Angkatan Darat dan telah melayani cabang militer ini sejak tahun 1918.

Secara populasi, Fort Moore adalah rumah kedua bagi sekitar 107,600 orang, menurut perkiraan di situs instalasi. Jumlah ini mencakup 3.250 pegawai sipil, 14.100 orang yang bertugas aktif di luar jabatan, 13.250 orang pensiunan karir dan 27.436 orang masih dalam tugas aktif.

Fort Moore adalah basis ideal untuk membesarkan keluarga dan memiliki beragam layanan kesehatan dan pendidikan. Berikut unduhan digital untuk informasi lebih lanjut tentang kehidupan di Fort Moore. Untuk ide lebih lanjut mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di area ini, lihat blog kami.

Seperti yang Anda lihat, lima dari 10 pangkalan militer terbesar di dunia semuanya berlokasi di Amerika Serikat. Tapi ada beberapa di luar negeri yang juga cukup besar. Lima berikut ini hanyalah beberapa di antaranya, dimulai dari yang diyakini sebagai yang terbesar.

6. Camp Humphreys

Terletak di Pyeongtaek, sekitar 75 mil selatan Seoul, ibu kota Korea Selatan, adalah Camp Humphreys. Kamp Humphreys, yang merupakan lokasi proyek ekspansi besar-besaran yang dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu, dan menelan biaya hampir $11 miliar, menurut Majalah Time, adalah pangkalan militer luar negeri terbesar Amerika Serikat di luar 48 negara bagian yang berdekatan. Pada tahun 2022, wilayah ini diperkirakan akan menjadi rumah kedua bagi sekitar 45.000 anggota militer, serta keluarga mereka dan kontraktor sipil.

Amerika Serikat telah mempertahankan kehadirannya di Korea Selatan sejak penandatanganan Perjanjian Pertahanan Bersama pada tahun 1953, yang menandai berakhirnya Perang Korea secara resmi. Sejak Perang Korea, Korea Selatan dan Amerika Serikat telah memelihara hubungan baik yang berkelanjutan.

Dalam hal lokasi dan atraksi di Camp Humphreys, sekitar 650 bangunan sedang dibangun atau direnovasi, termasuk beberapa gereja, empat sekolah, fasilitas olahraga dan lapangan golf 18 lubang. Luasnya sekitar 1.210 hektar, namun ketika proyek selesai, luasnya akan antara 2.328 hektar dan 3.538 hektar, kira-kira seluas bagian tengah Washington, D.C.

Seperti sebagian besar benteng dan instalasi lain yang disebutkan di atas, Kamp Humphrey's adalah pangkalan Angkatan Darat, meskipun berfungsi sebagai stasiun Marinir selama Perang Korea.

7. Thule Air Base

Terletak di Greenland, sekitar 930 mil selatan Kutub Utara, Pangkalan Udara Thule (diucapkan dua-lee) adalah pangkalan militer paling utara Amerika Serikat. Ini juga merupakan pelabuhan tertinggi dalam hal posisi global, dengan 3.000 penerbangan lepas landas dari Pangkalan Udara Thule setiap tahunnya.

Dibuka untuk penggunaan militer selama Perang Dunia II, Pangkalan Udara Thule dikelola oleh Angkatan Udara dan menjadi tuan rumah Sayap Luar Angkasa ke-21, Grup Pendukung ke-721, dan Grup Pangkalan Udara ke-821. Meskipun ada anggota militer AS yang tinggal di sini, iklim yang keras menjadikannya tempat yang tidak ramah bagi keluarga militer. Suhu dapat mencapai angka negatif dan bahkan mencapai minus 47 menurut Sumber Military One.

Kekurangan populasi di Pangkalan Udara Thule diimbangi dengan luas daratan. Luasnya mencapai lebih dari 233.000 hektar, sebagian besar belum dikembangkan. Faktanya, menurut Business Insider, desa terdekat dengan Pangkalan Udara Thule, Qaanaaq, berjarak lebih dari 65 mil.

8. Camp Fuji

Foto/Reuters

Dulunya digunakan sebagai tempat pelatihan prajurit samurai, Camp Fuji adalah salah satu instalasi militer tertua di dunia. Sekitar dua jam dari Tokyo di pulau Honshu, instalasi ini terletak di kaki Gunung Fuji sesuai dengan namanya dan terutama dijalankan oleh Korps Marinir Amerika Serikat. Namun, tempat ini juga digunakan oleh Pasukan Bela Diri Darat Jepang dan menjadi tuan rumah Pusat Pemuda Nasional Jepang.

Selama bertahun-tahun, gedung ini mengalami sejumlah renovasi dan pembaruan, termasuk barak tambahan, gedung pemeliharaan, klinik medis, dan kantor pos. Modernisasi ini menjadikannya instalasi yang lebih menyenangkan bagi anggota militer dan warga sipil yang tinggal di sini. Pangkalan ini mencakup hampir 33,400 hektar dan fasilitas pelatihan seluas lebih dari 300 hektar.

9. Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo

Foto/Reuters

Ditemukan di lepas pantai paling selatan Amerika Serikat di Kuba adalah Stasiun Angkatan Laut Teluk Guantanamo. Juga dikenal sebagai Gitmo, Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo telah disewa oleh Amerika Serikat selama lebih dari 120 tahun, sejak tahun 1903. Sejak itu, Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pelatihan armada, operasi migran, bantuan kemanusiaan, dan bantuan bencana dan telah berfungsi sebagai pusat penahanan.

Sebagaimana dinyatakan di situs webnya, Gitmo tetap menjadi platform kekuatan laut AS yang terdepan, siap pakai, dan tak tergantikan di Karibia dan menyediakan saluran bagi para pengambil keputusan untuk melakukan operasi antarlembaga kapan pun dan jika diperlukan.

Salah satu faktor yang menjadikannya sumber daya utama bagi militer Amerika adalah ukurannya. Luas keseluruhannya lebih dari 28.800 hektar dan menampung sekitar 6.000 orang, termasuk warga sipil dan anggota militer.

10. Camp Hansen

Foto/Reuters

Yang terakhir adalah Camp Hansen. Terletak di ujung utara Okinawa, Kamp Hansen adalah benteng lain yang dikelola oleh Korps Marinir dan merupakan salah satu dari beberapa pangkalan militer yang terletak di prefektur Jepang. Faktanya, lebih dari 60 pangkalan militer A.S. yang berada di Jepang sebenarnya berada di Pulau Okinawa, dengan total total 31 pangkalan militer, menurut The Diplomat.

Mirip dengan Kamp Fuji, Kamp Hansen adalah benteng bersama yang digunakan oleh pasukan AS dan Jepang sepanjang tahun, terutama untuk tujuan pelatihan. Beberapa dari latihan ini melibatkan penggunaan api aktif.

Dinamakan untuk menghormati Dale Hansen, yang mengambil bagian dalam Pertempuran Okinawa selama Perang Dunia II, Kamp Hansen telah menjadi tuan rumah bagi beberapa resimen dan batalyon selama bertahun-tahun, termasuk Batalyon Penegakan Hukum ke-3, Batalyon Intelijen ke-3, Unit Ekspedisi Marinir ke-31, dan Insinyur ke-9 Batalyon Pendukung. Ini menampung beberapa ribu anggota dinas Marinir tetapi terus bertambah. Seperti diberitakan 24/7 Wall Street, setidaknya 100 bangunan akan dibangun dalam upaya mengkonsolidasikan fasilitas militer yang ada. Di wilayah daratan, luasnya di utara 12.000 hektar.

Topik Menarik