Cerita Anis, Kasir Alfamart di Tasikmalaya yang Nekat Kejar dan Sempat Meraih Tangan Perampok

Cerita Anis, Kasir Alfamart di Tasikmalaya yang Nekat Kejar dan Sempat Meraih Tangan Perampok

Berita Utama | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 08:31
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Aksi perampokan bersenjata pistol di minimarket Alfamart, Jalan RTA Prawira Adiningrat, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (18/3/2024), masih dalam penyelidikan polisi.

Aksi perampokan yang dilakukan seorang diri itu terjadi sekitar pukul 07.00 saat minimarket baru buka, belum melayani pembeli dan situasi masih sepi.

Perampok bersenjata pistol dan pisau tersebut berhasil menggasak uang tunai si dalam brankas sebesar Rp 67.400.000 setelah menyekap dua kasir yang saat itu sedang bertugas.

Dari hasil penyelidikan sementara, termasuk memintai keterangan dua kasir yang jadi korban, polisi mengungkap aksi heroik Anis Putria (24), salah seorang kasir, yang nekat mengejar perampok yang membawa pistol tersebut.

Anis bahkan sempat berhasil meraih salah satu tangan perampok. Namun perampok yang sudah berada di atas sepeda motornya itu akhirnya berhasil kabur ke arah Kota Tasikmalaya.

Saat perampok meninggalkan minimarket, Dini Safitri (21), kasir lainnya, berupaya keluar untuk meminta pertolongan disusul Anis. Tangan keduanya saat itu masih terikat namun sudah berhasil melepaskan lakban yang menutup mata.

"Saya lihat perampoknya masih ada di tempat parkir, mau kabur dengan sepeda motornya. Saya kejar dan sempat meraih tangannya, tapi ia berhasil kabur ke arah Tasik," tutur Anis, saat dimintai keterangan oleh petugas.

Anis mengaku, melakukan tindakan nekat dan berisiko itu secara spontan demi mendapatkan kembali uang puluhan juta yang diambil perampok. Ia tak memikirkan bahwa perampok bersenjata tajam dan pistol.

"Spontan aja lari mengejar, dengan harapan bisa merebut kembali uang, atau setidaknya keburu datang warga, karena kami pun terus berteriak meminta tolong," ujar Anis. Namun perampok berhasil lolos karena situasi masih sepi.

Polisi sejauh ini berhasil mendapatkan rekaman video dari sejumlah kamera CCTV yang berada di minimarket. Terlihat awalnya pelaku datang dan memarkir motor di halaman.

Masih mengenakan helm, masker dan jaket, pelaku masuk ke dalam. Tayangan berikutnya memperlihatkan kedua kasir sudah diikat tangannya dan masuk ruang stok barang dan tempat pengimpanan brankas dikawal pelaku yang memegang pistol dan pisau.

Kedua kasir kemudian disuruh duduk dekat brankas. Pelaku lantas membuka brankas yang kuncinya ada pada salah seorang kasir. Setelah menguras isinya, pelaku pergi dan kemudian diikuti kedua korban.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono, mengatakan, pihaknya masih terus berusaha melacak identitas pelaku. Mulai dari memintai keterangan saksi-saksi, meneliti rekaman CCTV dan upaya penyelidikan lainnya.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama terungkap. Doakan saja," kata kapolres.

Topik Menarik