Operasi Modifikasi Cuaca di Jateng untuk Kendalikan Hujan dan Kurangi Risiko Bencana

Operasi Modifikasi Cuaca di Jateng untuk Kendalikan Hujan dan Kurangi Risiko Bencana

Berita Utama | okezone | Senin, 18 Maret 2024 - 05:00
share

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto menyebutkan bahwa operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan BNPB bersama BMKG, BRIN, TNI AU, hingga Pemprov Jateng sejak Sabtu diharapkan bisa mengurangi dampak risiko bencana di Jateng.

"Kita juga mengupayakan Teknologi Modifikasi Cuaca. Sudah mulai kemarin. Mudah-mudahan dengan TMC ini curah hujan segera bisa kita kendalikan," ujar Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/3/2024).

Menurutnya, saat ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam penanggulangan bencana. Selain itu, pemerintah juga mengupayakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam mengurangi dampak risiko bencana yang masih menjadi ancaman.

Adapun Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto mengunjungi lokasi terdampak banjir di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Minggu (17/3/2024). Kunjungan tersebut merupakan giat maraton yang dilakukan Kepala BNPB untuk memastikan upaya penanggulangan bencana dapat dilakukan sebaik mungkin.

Kepala BNPB memastikan, penanganan bencana ini tidak berhenti hanya pada fase tanggap darurat saja. Pemerintah akan terus mendampingi masyarakat hingga masa transisi pemulihan, termasuk rehabilitasi dan rekonstruksi pada fase pascabencana.

"Pada fase pascabencana beberapa infrastruktur yang mungkin kita akan perbaiki," tutur Suharyanto.

Usai melakukan kunjungan kerja di Kendal selama kurang lebih 60 menit, Kepala BNPB beserta rombongan kemudian melanjutkan giat yang sama di Kota Semarang.

Topik Menarik