Latihan Perang Mengantisipasi Invasi Rusia Berakhir, Anggota NATO Diklaim Solid

Latihan Perang Mengantisipasi Invasi Rusia Berakhir, Anggota NATO Diklaim Solid

Berita Utama | sindonews | Minggu, 17 Maret 2024 - 01:15
share

Negara-negara anggota NATO pada Minggu (17/3/2023) menyelesaikan tahap awal Latihan Steadfast Defender 24 di Polandia. Itu menjadi latihan militer terbesar di Eropa sejak Perang Dingin untuk mengantisipasi invasi Rusia ke anggota NATO.

Latihan Steadfast Defender 24, yang dilakukan di Polandia dengan partisipasi 24 negara termasuk Turki telah berhasil diselesaikan, kata Kementerian Pertahanan Nasional Turki pada X, dilansir Anadolu.

"Sekitar 90.000 tentara akan mengambil bagian dalam latihan tersebut siap untuk menguji dan menyempurnakan rencana pertahanan NATO untuk memperkuat pertahanan Eropa melawan musuh yang setara, kata aliansi tersebut sebelumnya dalam sebuah pernyataan sebelum latihan dimulai.

STEADFAST DEFENDER 2024 dirancang untuk memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan rencana pertahanan NATO, meningkatkan interoperabilitas, efisiensi, dan ketahanan.

Upaya ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen NATO terhadap pertahanan kolektif dan mengirimkan pesan yang kuat tentang kesiapannya untuk melindungi semua Sekutu dalam menghadapi ancaman yang muncul, kata pernyataan itu.

Ketika ketegangan terus berlanjut di Eropa Timur, latihan ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa NATO siap membela anggotanya, nilai-nilainya, dan menjunjung keamanan kolektif di kawasan Euro-Atlantik, aliansi tersebut menggarisbawahi.

Menurut NATO, tahap pertama latihan tersebut, antara akhir Januari dan pertengahan Maret, berfokus pada penguatan maritim melintasi Atlantik dan Arktik.

Fase kedua dari pertengahan Februari hingga akhir Mei beralih ke penggunaan bala bantuan yang dikerahkan di semua wilayah, dari Arktik hingga Sisi Timur.

Topik Menarik