7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Berita Utama | sindonews | Minggu, 17 Maret 2024 - 17:17
share

Bumi mempunyai 1.500 gunung berapi yang berpotensi aktif, tidak termasuk gunung berapi di dasar laut yang pusat penyebarannya seperti Punggung Bukit Atlantik Tengah, yaitu barisan pegunungan besar di dasar Samudera Atlantik.

Ya, mungkin terdapat lebih banyak gunung berapi di lautan daripada di permukaan bumi, dan para ahli memperkirakan jumlah gunung berapi tersebut ada sekitar 10.000.

Ada negara-negara yang memiliki peringkat sangat tinggi dalam jumlah gunung berapi yang ada di dalam perbatasannya di seluruh dunia dan negara-negara lain dalam jumlah total gunung berapi aktif, dan artikel ini hadir untuk menjelaskan kepada Anda mengenai fakta-fakta tersebut, sembari kita menjelajahi beberapa di antaranya. tempat paling ganas di muka bumi.

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif

1. Indonesia

Foto/Reuters

Melansir pedalchile, Indonesia memiliki begitu banyak gunung berapi aktif sehingga para ahli menyatakan bahwa lebih dari 197 juta orang Indonesia tinggal dalam jarak 100 km dari gunung berapi, dan 9 juta di antaranya berada dalam jarak hanya 10 kilometer.

Indonesia mempunyai jumlah gunung berapi aktif terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat di dunia yang terletak di Cincin Api Pasifik. Ini adalah wilayah berbentuk tapal kuda sepanjang 25.000 mil (40.000 km) yang berbatasan dengan Samudra Pasifik, tempat terjadinya benturan lempeng tektonik yang tak terhitung jumlahnya.

Indonesia mempunyai 147 gunung berapi, 129 diantaranya masih aktif. Mereka tersebar di pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Sunda Kecil, dan Sulawesi.

Mengapa Indonesia mempunyai banyak gunung berapi?

Secara tektonik, gunung berapi aktif merupakan hasil tumbukan antara 3 lempeng tektonik primer: yakni lempeng Eurasia bergerak ke selatan, lempeng India-Australia bergerak ke utara dan lempeng Filipina bergerak ke barat.

2. Cile

Foto/Reuters

Cile adalah rumah bagi lebih dari 2.000 gunung berapi, 60 di antaranya telah meletus selama 450 tahun terakhir, dan menurut Program Vulkanisme Global, terdapat 122 gunung berapi aktif.

Menurut para ahli, sekitar 40 gunung mungkin akan mulai meletus di masa depan. Chili memiliki rangkaian gunung berapi teraktif kedua, setelah Indonesia.

Di negara ini, menemukan Llaima dan Villarica, dua gunung berapi paling aktif di Amerika Latin.

Negara ini terletak di antara Nazca (lempeng tektonik samudera yang terletak di cekungan Samudra Pasifik bagian timur) dan Lempeng Tektonik Amerika Selatan. Lempeng-lempeng tersebut bergeser perlahan akibat aliran magma panas. Lempeng-lempeng tersebut saling menjauh atau saling bertabrakan, dan pergerakan bawah tanah ini menyebabkan gunung berapi.

Letusan gunung berapi terbaru di Cile terjadi di dekat Puerto Montt, pada bulan April 2015 di mana Gunung Berapi Calbuco meledak dan memuntahkan abu dalam jumlah besar yang menyebar ke Argentina. Letusan terjadi dalam tiga fase dan puing-puing dari aktivitas tersebut mendarat dan menumpuk hingga kedalaman 2 kaki di beberapa daerah dan ribuan orang dievakuasi dari daerah tersebut. Ini adalah pertama kalinya gunung berapi tersebut meletus dalam empat dekade terakhir.

Di manakah gunung berapi aktif tertinggi di dunia?

Ojos del Salado di perbatasan Cile dan Argentina adalah gunung berapi aktif tertinggi di dunia dengan ketinggian 22.614 kaki (6.893 m), yang juga merupakan puncak tertinggi di Chili.

3. Jepang

Foto/Reuters

Gunung tertinggi di Jepang disebut Gunung Fujiyama, yang merupakan gunung berapi aktif yang lebih terkenal dengan nama Gunung Fuji, yang terakhir meletus pada tahun 1707.

Jepang sendiri memiliki hampir 1/10 dari seluruh gunung berapi aktif di dunia, dengan 108 di antaranya saat ini aktif, lebih banyak dibandingkan negara mana pun kecuali Indonesia dan Chile.

Gunung berapi ini termasuk dalam Cincin Api Pasifik, rangkaian gunung berapi yang ditemukan di seluruh Samudera Pasifik dan salah satu kawasan paling aktif secara geologis di planet kita.

4. Papua Nugini

Negara kepulauan ini sudah hampir memiliki gunung berapi aktif sebanyak Jepang.

Papua Nugini (PNG) sedikit lebih besar dari negara bagian California, kecuali di sini, Anda akan menemukan 94 gunung berapi aktif, termasuk Gunung Berapi Dekade.

Sama seperti Indonesia dan Jepang, Papua Nugini berada di Cincin Api Pasifik. Hal ini masuk akal karena PNG berbagi pulau dengan Indonesia.

Jadi apa itu Gunung Berapi Dekade?

Asosiasi Internasional Vulkanologi dan Kimia Interior Bumi telah mengidentifikasi 16 gunung berapi untuk penelitian intensif karena sejarah letusan eksplosifnya di dekat kawasan berpenduduk.

Dinamakan Gunung Berapi Dekade karena proyek ini dibuat pada tahun 1990-an oleh PBB untuk meningkatkan kesadaran akan bencana alam.

5. Ethiopia

Ahli vulkanologi, David Pyle mengatakan, celah Ethiopia menampung hampir 60 gunung berapi yang diperkirakan telah meletus dalam 10.000 tahun terakhir. Menjadikan Ethiopia negara paling aktif secara geologis ke-5 di dunia.

Dari seluruh gunung berapi di Bumi, hanya 7 yang memiliki danau lava aktif. Erta Ale di Ethiopia sebenarnya memiliki dua danau lava, salah satunya telah aktif selama lebih dari satu abad.

6. Filipina

Foto/Reuters

Filipina memiliki total 53 gunung berapi aktif dan negara ini diberkati dengan jumlah gunung berapi yang sangat besar karena lokasinya di Cincin Api Pasifik.

Gunung berapi di negara ini terkadang menduduki peringkat tidak hanya paling mematikan, tapi juga paling mahal di dunia.

Secara statistik, letusan bersejarah yang mencakup gunung berapi Mayon dan Taal telah mengakibatkan korban jiwa yang serius, dan sebanyak 22 letusannya telah menyebabkan kerusakan besar pada negara tersebut.

Filipina juga lebih sering mengalami lahar atau semburan lumpur dan tsunami yang menyertai letusan dibandingkan wilayah lain di dunia.

Aktivitas gunung berapi terbaru di negara ini terjadi pada bulan Januari 2020, ketika kolom awan abu setinggi 9 mil terlihat menyembur dari gunung berapi Taal, yang menyebar sejauh 40 mil jauhnya dan mencapai ibu kota, Manila.

Letusan tersebut memicu petir besar dan 144 gempa bumi. Lebih dari 450.000 orang dievakuasi dari daerah tersebut.

7. Guatemala

Sama seperti Indonesia, lokasi Guatemala yang berada di Cincin Api bertanggung jawab atas banyaknya gunung berapi yang ditemukan di sana. Di kawasan ini, beberapa ahli menyebutnya Busur Vulkanik Amerika Tengah (CAVA), yang melintasi lima negara Amerika Tengah, yang paling terkenal adalah Guatemala (El Salvador, Honduras, Nikaragua, dan Kosta Rika).

Negara ini memiliki 37 atau lebih gunung berapi, termasuk Fuego, Santiaguito, dan Pacaya yang terkenal. Letusan terbaru di negara ini terjadi pada bulan Juni 2018, ketika gunung berapi Fuego dekat Guatemala City meletus, berdampak pada lebih dari 1,7 juta orang di tiga negara bagian tengah dan menewaskan ratusan orang ketika aliran lahar mematikan dan awan abunya menenggelamkan seluruh desa.

Topik Menarik