UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mulai Terima Pendaftran Mahasiswa Baru

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mulai Terima Pendaftran Mahasiswa Baru

Berita Utama | sleman.inews.id | Kamis, 29 Februari 2024 - 00:15
share

SLEMAN, iNewssleman.id - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai melaksanakan seleksi mahasiswa baru, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Ada 44 program studi yang dipilih calon mahasiswa.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Kalijaga Iswandi Syahputra mengatakan, ada banyak jalur untuk bisa menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. SPAN PTKIN hanya salah satu jalur saja.

SPANUM PTKIN menjadi jalur masuk dari Prodi-Prodi Keagamaan. Sementara untuk Prodi Umum dapat melalui SNBP yang menyediakan kuota 20 persen, SNBT yang menyediakan kuota 15 persen, keduanya berbasis sistem, kompetinya nasional, bersamaan dengan universitas negeri se-Indonesia, kata dia pada sosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2024, Senin (26/02/24).

Menurutnya, Prodi umum di UIN Sunan Kalijaga kualitasnya sudah sejajar dengan universitas ternama lainnya. Kampus ini memiliki keunggulan kompetitif, seperti Prodi Komunikasi akreditasinya sudah Unggul ditambah Akreditasi Internasional dari FIBAA.

Prodi Keagamaan melalui jalur SPAN-PTKIN menyediakan kuota 30 persen, UM-PTKIN 50 persen. Ada lagi jalur mandiri, di antaranya keberagamaman, 3T (daerah Terluar, Tertinggal, Terdalam), dan lain-lain.

Kuota setiap tahunnya tidak lebih dari 5.000 mahasiswa untuk menjaga mutu lulusan. Uang kuliah tunggal (UKT) termurah se-Indonesia, tetapi kualitas tinggi dengan lingkungan pembelajaran yang multikultural.

Setiap tahun ada ratusan mahasiswa yang meraih juara dalam kompetisi tingkat nasional maupun dunia, katanya.

Sementara itu, ketua Adminisi UIN Sunan Kalijaga Aulia Faqih mengatakan mengawali pelaksanaan SPAN-UM PTKIN, dilakukan pengisian data oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tanggal 22 Januari hingga 10 Februari 2023 melalui laman https://pdss.ptkin.ac.id. Saat ini, siswa yang sudah terdaftar di PDSS dapat melakukan pendaftaran sampai dengan 15 Maret 2023 melalui lamanhttps://siswa.ptkin.ac.idmenggunakan NISN dan email aktif. Kemudian validasi akan dikirim ke email siswa. Siswa yang akan mendaftar, login kembali pada lamanhttps://siswa.ptkin.ac.iduntuk mengecek data dan nilai rapor yang telah diisikan di PDSS.

Siswa dapat memilih dua PTKIN dengan memilih dua program studi, katanya.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan PTKIN pertama yang terakreditasi unggul. Pada tahun 2024 menyediakan daya tampung sebanyak 4.775 kuota untuk mahasiswa baru dari semua jalur. Sementara untuk jalur penerimaan nasional SPAN PTKIN, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota sebanyak 575 kursi dan kuota lebih besar pada jalur UM-PTKIN sebanyak 1.439 kursi.

Pendaftaran jalur UM-PTKIN pada laman https://um.ptkin.ac.id akan dibuka pada tanggal 17 April 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.

Ada 44 program studi sarjana yang ada di UIN Sunan Kalijaga, terdiri atas 19 program studi umum dan 25 program studi kegamaan.

Topik Menarik