Begini Isi Kotak Makan Siang Gratis Seharga Rp15.000

Begini Isi Kotak Makan Siang Gratis Seharga Rp15.000

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 15:25
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan simulasi Makan Siang Gratis untuk Anak SMP program Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Kegiatan ini dilakukan di SMPN 2 Curug Tangerang.

Mengacu pada target penyaluran makan siang gratis dengan biaya Rp15.000 per orang per hari, maka SMP Negeri 2 Curug membuat 4 opsi menu harian.

Pantauan iNews.id di lokasi, daftar menu 1 terdiri atas ayam goreng tepung, perkedel, sayur capcay, dan pisang. Daftar menu 2 terdiri atas nasi, semur telor, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel dan pisang.

menu 1 makan siang gratis
menu 1 makan siang gratis

Selanjutnya, daftar menu 3 adalah gado-gado terdiri atas lontong, tahu goreng, telur rebus, bumbu kacang, kol, wortel sawi, dan pisang. Daftar menu 4 adalah somay yang terdiri atas kentang siomay, telur rebus, bumbu kacang, tahu kukus, kol, dan pisang.

Klik halaman selanjutnya untuk membaca respons anak mengonsumi makan siang gratis>>>

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato menilai adanya program makan siang gratis ini mampu mendorong sektor UMKM di lingkungan sekolah. Sebab, jika melihat SMP 2 Curug Sendiri, pengadaan makan siang sendiri oleh pihak ketiga atau UMKM yang berada di lingkungan sekolah.

"Bagaimana melibatkan UMKM dengan gizi yang terjaga dan higienis, ini saah satu sekolah dengan kantin bersih sehat. Dengan demikian ini memenuhi persyaratan untuk meningkatkan gizi anak sekolah," kata Airlangga di SDN 2 Curug, Kamis (29/2/2024).

bekal makan siang gratis di SMPN2 Curug (iqbal dwi)
bekal makan siang gratis di SMPN2 Curug (iqbal dwi)

Pada kesempatan yang sama, beberapa siswa di SDN 2 Curug juga memberikan testimoninya terhadap porsi makan siang gratis Rp15.000.

Salah seorang siswa Kelas 9, Rizki (15) mengaku untuk porsinya cukup membuat kenyang, namun memang untuk lauk tumis buncis teksturnya dirasa masih cukup keras.

Telor semur, tempe goreng, rasanya enak. Tapi lauknya kurang di buncis. Buncisnya terlalu keras," ujar Rizki.

Siswi lain Zakia juga mengakui hal serupa, bahwa untuk item lauk buncisnya memang masih cukup keras dari teksturnya. Namun dikatakan Zakia memang untuk rasa dan lainnya sudah cukup.

"Lauknya enak, tapi buncisnya masih keras, cukup baik sih program ini, jadi mengurangi pengeluaran jajan, karwna kan mau ujian praktik, kalau biasanya jajan 15.000," tutur dia.

Topik Menarik